TOPIK TERPOPULER

Sanksi PAW Menanti Legislator Gerindra yang Tak Mau Menangkan Usungan Partai

Muhaimin Sunusi
Sanksi PAW Menanti Legislator Gerindra yang Tak Mau Menangkan Usungan Partai
Penyerahan rekomendasi partai Gerindra Sulsel kepada bakal calon kepala daerah baru-baru ini. Foto: SINDOnews/Muhaimin Sunusi

MAKASSAR - Partai Gerindra Sulsel memberi ultimatum kepada legislatornya yang membangkang jelang pilkada serentak 2020. Ultimatum itu dikhususkan pada dua daerah yakni kabupaten Luwu Utara (Lutra) dan Kepulauan Selayar.

Alasannya, di dua daerah ini suara Gerindra berpotensi terpecah. Sehingga penting bagi Gerindra memberi ultimatum sejak awal kepada legislator dan kader untuk kompak satu suara memenangkan usungan partai di pilkada.

Baca juga: Partai Perindo Siap Menangkan Thahar-Rahmat di Pilkada Lutra



Sebut saja di Lutra, ada dua kader Gerindra yang akan bertarung. Yakni Ketua DPC Gerindra Lutra, Arsyad Kasmar dan legislator DPRD Lutra, Rahmat Laguni. Rekomendasi Gerindra jatuh kepada Arsyad.

Begitu pula di Kepulauan Selayar, Gerindra lebih memilih mengusung Prof Akbar Silo dibanding petahana Muh Basli Ali. Padahal di tubuh DPC Gerindra Kepulauan Selayar, masih ada beberapa loyalis Basli Ali di sana.

Sebelum pindah ke Golkar, Bupati Selayar ini sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Kepulauan Selayar. Bahkan ayahanda dari Basli Ali, yakni Ali Gandong masih menjadi Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Kepulauan Selayar saat ini.

Dibanding Lutra, potensi pecahnya suara Gerindra di Kepulauan Selayar lebih besar. Olehnya itu Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menginstruksikan agar seluruh kader dan simpatisan partainya di dua daerah ini kompak memenangkan Arsyad Kasmar dan Prof Akbar Silo.

"Seluruh kader wajib memenangkan calon kepala daerah usungan Gerindra. Apapaun yang jadi keputusan partai di tingkat DPP, wajib dilaksanakan oleh partai di DPD dan DPC," kata Iwan.

Khusus legislator Gerindra yang membangkang di parlemen Lutra dan Selayar, Iwan Aras telah menyiapkan sanksi tegas kepada mereka. Ancaman PAW pun tak segan-segan diberikan jika benar-benar tak mengikuti instruksi partai.

Baca juga: Tinggalkan Petahana, Gerindra Usung Prof Akbar Silo dan Daeng Marowa

"Kalau ada sikap atau perilaku yang tak sesuai instruksi partai, maka kami akan memberhentikan siapa saja sebagai kader Gerindra. Dan kami juga akan berikan sanksi yang jelas," tegas anggota DPR RI ini.

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin menambahkan dan memberi penekanan terhadap usungan partainya di Kepulauan Selayar.

"Di Selayar, Gerindra harus menang," tambah Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!