Covid-19 Sebabkan Perubahan Siginifikan Dalam Desain Pusat Kota di Dunia

Selasa, 04 Agustus 2020 - 05:00 WIB
loading...
Covid-19 Sebabkan Perubahan Siginifikan Dalam Desain Pusat Kota di Dunia
Ilustrasi
A A A
SINGAPURA - Pandemi Covid-19 telah memaksa orang-orang untuk bekerja dari rumah mereka masing-masing. Sejumlah pakar menilai hal ini dapat berdampak pada perubahan besar-besaran pusat kota dan bisnis di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 18 juta orang dilaporkan terinfeksi secara global, penguncian untuk membendung penyebaran virus itu di kota-kota besar telah memaksa jutaan orang untuk bekerja dari rumah. Banyak yang mungkin tidak pernah kembali bekerja penuh waktu di kantor.

Twitter mengatakan, beberapa karyawannya dapat bekerja dari rumah "selamanya", sementara karyawan Google dan Facebook dapat bekerja dari jarak jauh hingga tahun depan. Bank-bank besar telah mengindikasikan bahwa mereka mungkin tidak sepenuhnya menempati menara kantor mereka di London dan Manhattan.

(Baca: Bertahan di Masa Pandemi dengan Menata Ulang Strategi Bisnis )

"Setelah Covid-19, lanskap kota mungkin melihat perubahan, ketika orang dan organisasi merangkul cara hidup baru," kata Ethan Hsu, kepala perusahaan real estat Knight Frank di Singapura.

"Mungkin ada perubahan radikal dalam cara kota dan kawasan bisnis dirancang untuk norma yang dimodifikasi, yang dapat mencakup pengurangan jejak kantor fisik," sambungnya, seperti dilansir Japan Today.

Menurut PBB, lebih dari dua pertiga populasi global diperkirakan akan hidup di daerah perkotaan pada tahun 2050, naik dari 56% dari saat ini. Pandemi mungkin menyebabkan perubahan besar dalam perencanaan dan infrastruktur kota, termasuk sistem pembuangan limbah dan angkutan umum, serta peraturan perumahan.

Kota-kota dari Amsterdam ke Sydney telah meluncurkan langkah-langkah untuk meningkatkan keberlanjutan, keamanan pangan dan mobilitas, dengan lebih banyak ruang hijau, trotoar yang lebih luas, jalur sepeda dan teknologi baru untuk memastikan jarak sosial.

Tony Matthews, seorang dosen senior dalam perencanaan kota dan lingkungan di Universitas Griffith Australia mengatakan, ketika perusahaan-perusahaan bergulat dengan aturan jarak sosial yang membatasi berapa banyak pekerja yang dapat kembali, mereka memikirkan untuk apa kantor mereka sebenarnya. Hal ini, jelasnya, akan memaksa perencana dan pejabat kota untuk mempertimbangkan kembali dan mendesain ulang pusat bisnis mereka.

"Jika populasi pekerja siang hari turun, populasi baru mungkin diperlukan untuk menjaga daerah-daerah ini ramai dan menghasilkan pendapatan. Beberapa daerah mungkin perlu dirancang ulang jika tidak lagi layak secara ekonomi. Distrik ritel misalnya. Beberapa gedung kantor mungkin dibongkar atau ditata ulang, dengan infrastruktur dan ruang publik di sekitarnya juga berubah dalam waktu," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)