TOPIK TERPOPULER

Agustus ini, Parpol di Sulsel Tuntaskan Usungan 12 Daerah

Muhaimin Sunusi
Agustus ini, Parpol di Sulsel Tuntaskan Usungan 12 Daerah
Seluruh partai politik (parpol) di Sulsel kompak terus berupaya merampungkan jagoannya di Pilkada serentak 2020 jelang dibukanya pendaftaran pasangan bakal calon September mendatang. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Seluruh partai politik (parpol) di Sulsel kompak terus berupaya merampungkan jagoannya di Pilkada serentak 2020 jelang dibukanya pendaftaran pasangan bakal calon September mendatang. Agustus ini pun ditargetkan menjadi bulan Penuntasan usungan para parpol.

Seperti yang dilakukan oleh PAN Sulsel. Partai ini sisa mengeluarkan rekomendasi untuk dua daerah yakni Makassar dan Kepulaun Selayar. Khusus Makassar, PAN sudah mantap ingin mengusung Irman Yasin Limpo dan Zunnun Armin NH. Baca : Satu Bulan Jelang Pendaftaran Jadi Masa Krusial Paslon

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi mengatakan pihaknya masih menggodok jagoan partainya di Pilkada Kepuluan Selayar. Namun dalam waktu dekat, DPP segera memutuskan. "Di Selayar itu ada dua nama yang mendaftar, petahana yakni Basli Ali dan Prof Akbar Silo. Kita masih proses diantara keduanya ini," kata Kahfi saat ditemui di Kantor DPW PAN Sulsel, kemarin.



Terpisah, Demokrat jugas masih terus berupaya merampungkan usungannya di 12 daerah di Sulsel. Baru-baru ini, Demokrat mengeluarkan rekomendasi untuk jagoan di Pangkep dan Barru. "Kami resmi mengusung Pak Rahman Assegaf dan Muammar Muhayang di Pangkep. Dan juga mengusung Suardi Saleh dan Andi Ogi di Barru," kata Sekretaris Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani.

Dari 12 kabupaten/kota di Sulsel, Demokrat belum menyerahkan rekomendasi di 5 daerah yakni Makassar, Maros, Selayar, Soppeng dan Luwu Utara (Lutra). Namun demikian, usungan Demokrat di 5 daerah ini sudah mengerucut, misalnya saja Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando di Makassar dan Indah Putri Indriani-Suaib Mansur di Lutra. "Bulan ini kami akan tuntaskan semuanya. Iya, kita targetkan rekomendasi B1-KWK juga akan keluar Agustus ini," ujar Kamhar.

Partai Gerindra juga merencanakan hal yang sama. Agustus ini, seluruh jagoan partai besutan Prabowo Subianto ini di Sulsel sudah rampung. Tersisa lima daerah lainnya yang belum dirampungkan yakni Gowa, Maros, Pangkep, Tana Toraja dan Toraja Utara.

"Kenapa kita slow keluarkan rekomendasi, karena kita butuh pertimbangan yang sangat matang di Gerindra. Karena kita tidak pengen rekomendasi yang sudah keluar, malah berubah lagi," kata Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras. Baca Juga : Musda Partai Golkar Sulsel Digelar 6 Agustus di Jakarta

Untuk daerah yang sudah diberikan rekomendasi parpol, AIA sapaannya menjanjikan rekomendasi B1-KWK juga akan diterbitkan bulan ini. Agar para pasangan bakal calon bisa menggunakannya mendaftar di KPU. "Insyaallah tidak akan berubah. (Jaminannya) 99 persen tidak akan berubah," tegas anggota DPR RI ini.

Sementara itu, PKB juga sudah merampungkan jagoannya di 12 kabupaten/kota. Sisa diserahkan rekomendasinya ke pasangan yang bersangkutan pada Agustus ini. "Kan sudah rampung. Tinggal diserahkan ke kandidatnya. Sisa dua daerah yang belum diserahkan yakni Barru dan Pangkep," ungkap Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad.

Di Pangkep, PKB berikhtiar mengusung pasangan Abd Rahman Assegaf-Muammar Muhayang. Sedang di Barru menyiapkan Mudassir Hasri Gani yang berpaket dengan Aksah Kasim.

Adapun PDIP, juga merencanakan menuntaskan usungannya di 6 daerah tersisa. Sekali pun 6 daerah ini juga, jagoan partai banteng sudah mengerucut. "Sisa daerah lainnya masih berproses. Kita upayakan secepatnya," sebut Ketua Bappilu DPD PDIP Sulsel, Husain Junaid. Baca Lagi : Resmi, Nasdem Terbitkan B1-KWK Usung Suardi Saleh-Mirza Riogi di Barru



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!