TOPIK TERPOPULER

AMP Desak Kejati Sulsel Tuntaskan Pemeriksaan Kejari Parepare

Darwiaty Dalle
AMP Desak Kejati Sulsel Tuntaskan Pemeriksaan Kejari Parepare
Wakajati Sulsel, Risal Nurul Fitri disambut saat memimpin inspeksi di Kejari Parepare, beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Aliansi Masyarakat Kota Parepare (AMP), mempertanyakan hasil pemeriksaan tim inspeksi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel terhadap kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare dalam penanganan kasus asusila anak.

Koordinator Wilayah AMP, Juneed mengatakan, hampir sebulan setelah tim Kejati Sulsel melakukan inspeksi dan pemeriksaan terhadap pejabat Kejari Parepare, namun belum ada kejelasan seperti apa hasilnya.



Baca juga: Kejati Dalami Dugaan Rekayasa Surat Damai Kasus Asusila Anak di Parepare

Dikatakan Juneed, pihaknya berharap tim yang dibentuk Kejati Sulsel tidak sebatas seremonial untuk menenangkan keadaan di Parepare yang menurutnya, sudah memanas akibat tak ada keadilan yang didapatkan korban yang masih berusia 14 tahun.

"Kami patut curigai karena sepengetahuan kami biasanya hasil inspeksi biasanya keluar hanya seminggu namun ini hampir sebulan belum ada tanda tanda," ujarnya.

Juneed menegaskan, jika sampai sebulan tak ada hasil dari pemeriksaan tersebut, maka AMP akan melakukan aksi lebih besar dengan berkoordinasi kampus setiap daerah menuntut pencopotan Kajati Sulsel.

"Kami akan terus mengawal kasus ini sampai mendapatkan keadilan di Parepare dan ketika Kejati belum mengeluarkan hasilnya maka kami akan aksi besar-besaran, karena kami menilai lambannya kinerja Kejati mengevaluasi pejabat struktural dan jaksa penuntut umum yang menangani kasus asusila anak di Parepare," papar Juneed.



Baca juga: Jajaran Kejari Parepare Diperiksa Terkait Pelaku Asusila Divonis 5 Bulan


Terpisah, Wakil Kepala Kejati Sulsel, Risal Nurul Fitri yang memimpin tim pemeriksa Kejati saat inspeksi ke Kejari Parepare mengatakan, hingga kini pemeriksaan masih berjalan terhadap pejabat struktural dan JPU Kejari Parepare.

"Masih berproses. Pemeriksaan masih berjalan. Hasilnya belum kita ketahui," katanya.

Evaluasi kinerja terhadap Kejari Parepare tambah Risal, tetap berada di bawah pengawasan Asisten Pengawasan. Nantinya, tambah Risal, hasil dari pemeriksaan akan dikirim ke Kejaksaan Agung (KA).

"Kita tunggu saja sampai prosesnya rampung," tandasnya.

Baca juga: Orang Tua Korban Asusila Anak Alihkan Pendampingan ke LP-KPA Parepare

Sebelumnya, Risal menegaskan, jika terbukti ada kesalahan atau pelanggaran prosedur yang dilakukan Kejari Parepare dalam menangani kasus asusila anak ini, maka akan ada sanksi yang diberikan. Mulai dari teguran tertulis, penurunan pangkat hingga pencopotan dari jabatan. Tergantung dari tingkat pelanggaran yang dilakukan Kejari Parepare yang menangani kasus asusila itu.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!