TOPIK TERPOPULER

Selain Teknologi, Pelajar di Gowa Didorong Kuasai Bahasa Asing

Herni Amir
Selain Teknologi, Pelajar di Gowa Didorong Kuasai Bahasa Asing
Ilustrasi aktivitas belajar mengajar di kelas. Foto/dok SINDOnews

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memotivasi para pelajar di daerahnya untuk menguasai bahasa asing, selain teknologi. Hal itu penting guna menjawab tantangan zaman. Adapun bahasa asing yang mesti dikuasai setidaknya adalah bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa global.

"Sekarang keadaan menuntut kita untuk bisa fasih bisa berbahasa asing. Bukan hanya sebatas bahasa Indonesia," kata Bupati Adnan dalam sambutan pada pembukaan Program Pengembangan Bahasa Asing Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) secara virtual, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Temui Bupati Gowa, Ini 3 Pesan Adnan ke Pengurus FKPM



Bupati Adnan pun mengapresiasi sekolah yang memiliki program pengembangan bahasa asing, seperti MAN IC. Pemkab Gowa sendiri, lanjut dia, juga menjalin kerjasama dengan Briton English Education Cambridge University untuk meningkatkan SDM khususnya di bidang Bahasa Inggris.

Direktur KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag RI, Ahmad Umar, menyampaikan pendapat senada. Ia menyebut program pengembangan bahasa asing untuk pelajar merupakan program tepat untuk mempersiapkan pelajar menghadapi tantangan zaman.

Ia juga berharap agar aktivitas pelajar, mulai saat masuk asrama maupun aktivitas sehari-hari mulai membiasakan menggunakan bahasa asing. Itu penting guna membiasakan pelajar menggunakan bahasa asing sehingga kemampuan berbahasa mereka lebih teruji.

Baca Juga: Gowa Perkuat Pencegahan Kekerasan dan Perkawinan Anak

"Kalau nanti siswa sudah masuk di asrama sebaiknya menggunakan bahasa asing Arab dan Inggris. Ya jadi tidak perlu lagi mengajarkan bahasa asing di kelas. Di kelas cukup ajarkan untuk mengejar skor TOEFL dan IELTS," terang dia.

Ia juga berharap selain mengantongi ijazah, pelajar MAN IC juga bisa mengantongi sertifikat TOEFL dan IELTS. Sehingga bisa sejajar dengan sekolah-sekolah unggulan di Indonesia bahkan dunia.



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!