TOPIK TERPOPULER

Kasus Positif COVID-19 di Luwu Utara Bertambah 18

Luqman Zainuddin
Kasus Positif COVID-19 di Luwu Utara Bertambah 18
Kasus positif COVID-19 di Luwu Utara bertambah 18. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

LUWU UTARA - Kasus konfirmasi positif COVID-19 di kabupaten Luwu Utara per hari ini, Selasa (4/8/2020) bertambah 18. Tambahan ini sesuai data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Luwu Utara.

Bertambahnya 18 kasus positif COVID-19 di Luwu Utara ini, membuat akumulasi kasus di wilayah itu kini berjumlah 80. Rinciannya, 57 orang dinyatakan sembuh, 21 orang masih dirawat/dikarantina, dan dua orang meninggal dunia.

"Penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 bertambah sangat signifikan sebanyak 18 orang, sehingga total kasus saat ini sebanyak 80 orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Luwu Utara, Komang Krisna seperti dikutip dari website pemkab Luwu Utara.



Baca juga: 14 Pasien COVID-19 Kabupaten Luwu Timur Sembuh

Komang bilang, penambahan kasus ini setelah Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Luwu Utara melakukan contact tracing terhadap salah satu kasus yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif COVID-19 di kabupaten Luwu Timur.

"Kedatangannya ke Luwu Utara dalam rangka menolong keluarganya atau orang tuanya yang terkena bencana banjir bandang di Kecamatan Baebunta,” ungkap Komang lagi.

Terpisah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Luwu Utara, Indah Putri Indriani meminta masyarakat, termasuk penyintas dan relawan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ia juga meminta petugas kesehatan selalu memakai masker dan handscoon saat melayani masyarakat. Indah berharap, di tenda pengungsian ada pembagian masker.

Baca juga: Update COVID-19 di Sulsel: 9.861 Positif, 6.780 Sembuh dan 328 Meninggal

“Kondisi pascabencana banjir bandang tentu mengalihkan perhatian petugas kesehatan atau bahkan beberapa petugas kesehatan sendiri yang telah menjadi korban, sehingga beberapa pekan ke depan potensi peningkatan kasus terlapor bisa saja mengalami tren peningkatan,” kata Indah yang juga Bupati Luwu Utara ini.

Sekadar diketahui, 18 kasus positif terdiri dari 14 korban banjir yang mengungsi di rumah keluarga, 2 orang positif di penampungan relawan, 1 orang positif korban mengungsi di Masamba, dan 1 orang positif petugas kesehatan yang mobile memberikan bantuan.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!