Kota Lebanon Dihantam Ledakan, Puluhan Orang Terbunuh

Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:01 WIB
loading...
Kota Lebanon Dihantam Ledakan, Puluhan Orang Terbunuh
Gelombang ledakan dirasakan di seluruh ibu kota Lebanon. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Kota Beirut, Lebanon, porak-poranda akibat ledakan dahsyat yang terjadi pada Selasa (04/08/2020). Puluhan orang terbunuh dalam peristiwa mengerikan tersebut. Baca :Khawatir Serangan Hizbullah, Israel Kerahkan Tameng Rudal Iron Dome

Kantor berita Lebanon, NNA dan dua sumber keamanan menyatakan, “Ledakan terjadi di area pelabuhan tempat sejumlah gudang yang menyimpan bahan peledak.”

Tidak jelas apa penyebab ledakan atau apa jenis bahan peledak yang disimpan dalam gudang-gudang di area itu. “Saya melihat bola api dan asap membumbung di atas Beirut. Orang-orang berteriak dan berlarian, berdarah. Balkon-balkon roboh dari sejumlah gedung. Kaca di gedung-gedung tinggi pecah dan berjatuhan di jalanan,” ungkap seorang saksi mata Reuters di ibu kota Lebanon.

Badan penyiaran lokal LBC mengutip Kementerian Kesehatan yang menyatakan, “Sangat banyak roang yang dan kerusakan sangat besar.” Baca Lagi : Hizbullah Gempur Tentara Israel di Perbatasan Lebanon

Televisi Al Mayadeen melaporkan ada ratusan orang yang terluka. Saksi mata Reuters lainnya menjelaskan dia melihat asap tebal abu-abu di dekat area pelabuhan dan kemudian terdengar ledakan dan dia melihat api dan asap hitam. “Semua area pusat kota, jendela-jendelanya hancur dan banyak orang terluka yang berjalan ke sana kemari. Ini kacau total,” papar saksi mata Reuters.

Ledakan itu mengirim gelombang seismik ke penjuru ibu kota Lebanon hingga menghancurkan kaca-kaca jendela rumah dan mobil, serta membuat balkon-balkon roboh.

Para pejabat yakin korban tewas akan meningkat drastis saat tim SAR menggali reruntuhan gedung di penjuru ibu kota untuk menyelamatkan orang dan mengangkat jasad. Ini menjadi ledakan terkuat di Beirut dalam beberapa tahun terakhir dan mengakibatkan tanah berguncang seperti gempa bumi.

“Apa yang kita saksikan adalah bencana besar. Ada para korban di mana-mana, di semua jalan dan wilayah dekat dan jauh dari ledakan,” papar Kepala Palang Merah Lebanon George Kettani pada kantor penyiaran Mayadeen. Baca Lagi : Viral! Aksi Prajurit TNI Adang Tank Israel di Perbatasan Lebanon

Tiga jam setelah ledakan yang terjadi pukul 6 sore waktu setempat, kebakaran masih terjadi di kawasan pelabuhan. Kebakaran mengakibatkan warna oranye di langit malam saat sejumlah helikopter terbang di atas dan sirine ambulans berbunyi di penjuru negeri.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)