alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Bongkar Paksa Opsi Terakhir Relokasi PKL Pasar Sentral Makassar

Vivi Riski Indriani
Bongkar Paksa Opsi Terakhir Relokasi PKL Pasar Sentral Makassar
Kondisi perbaikan Jalan Sekitaran Pasar Sentral tengah dirampungkan oleh Dinas PU Makassar, beberapa waktu lalu. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya mengimbau kepada seluruh pedagang kali lima (PKL) Pasar Sentral yang ada di Jalan KH Wahid Hasyim untuk segera mengosongkan ruas jalan hingga pekan ini.

Jika tidak, maka PD Pasar akan melakukan tindakan tegas berupa pembongkaran paksa lapak pedagang.

Hal ini dilakukan demi mendukung program pembangunan jalan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar yang sudah dalam tahap lelang tender pembangunan Jalan KH Wahid Hasyim.

"Kita imbau masuk (New Makassar Mall dan eks Ruko Blok B), karena minggu depan itu kita sudah mau kembalikan fungsi jalan (KH Wahid Hasyim)," kata Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Makassar Raya, Nuryanto G Liwang, Kamis (09/08/2018),

"Kalaupun sudah diimbau tapi belum dilakukan paling tidak kita lakukan tindakan tegas kepada mereka (pedagang) bagaimana mengosongkan jalanan itu," sambungnya.

Menurut Anto Liwang sapaan akrabnya, tidak ada lagi alasan bagi pedagang untuk tidak direlokasi. Pasalnya, dari 164 pedagang di Jalan KH Wahid Hasyim, pemerintah sudah memberikan solusi, baik kepada pedagang resmi, kaki lima, maupun pedagang tumbuh yang muncul pasca kebakaran beberapa tahun lalu.

Dari 164 total jumlah pedagang di Jalan KH Wahid Hasyim, 38 pedagang tercatat dalam SK871, 40 pedagang tumbuh dan selebihnya adalah pedagang resmi yang akan menempati New Makassar Mall (NMM).

Dia mengaku sudah berkomitmen dengan PT MTIR untuk memudahkan pedagang resmi masuk ke New Makassar Mall (NMM), termasuk membiarkan pedagang resmi masuk tanpa syarat.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto berharap agar pada 17 Agustus mendatang sudah ada pedagang yang menempati kawasan eks Ruko Blok B.

"Inikan bertahap (pemindahannya), paling tidak 17 Agustus sudah ada yang pindah," ujarnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads