alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Peneliti Temukan Racun Platipus Mampu Lawan Diabetes Tipe 2

Diana Rafikasari
Peneliti Temukan Racun Platipus Mampu Lawan Diabetes Tipe 2
Racun pada hewan mamalia bertelur yang memiliki paruh dan kaki seperti bebek dan berada di Australia, Platipus, disebut mampu melawan Diabetes tipe 2. Foto: Istimewa

AUSTRALIA - Racun pada hewan mamalia bertelur yang memiliki paruh dan kaki seperti bebek dan berada di Australia, Platipus, disebut mampu melawan Diabetes tipe 2.

Racun platipus bisa didapat dari platipus jantan yang memiliki sengat pada tumit, yang umumnya digunakan untuk melumpuhkan hewan-hewan kecil.

Peneliti asal Australia menemukan bahwa racun tersebut mengandung hormon metabolik yang bisa membantu pankreas memproduksi insulin dan menurunkan level glukosa darah bernama GLP-1 atau glucagon-like peptide-1. Dilansir Health Line, normalnya hormon ini disekresi pada pencernaan manusia dan hewan.

Namun pada manusia, hormon ini lebih mudah menurun. Berbeda dengan manusia, pada platipus, peneliti menemukan bahwa ada rangkaian yang menunjukkan hormon tersebut mampu bertahan lama. Padahal, biasanya hewan mamalia memiliki rangkaian yang sama seperti manusia.

"Kami berharap evolusi ratusan tahun telah menyempurnakan molekul ini. Yang kita harapkan (racun) dapat bermanfaat bagi konteks penyakit ini," ungkap peneliti, Frank Grutzner, PhD.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads