Aico Energi Pasok Gas Alam Cair untuk Kawasan Industri Makassar

Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:37 WIB
loading...
Aico Energi Pasok Gas Alam Cair untuk Kawasan Industri Makassar
Aico Energi memasok gas alam cair atau LNG untuk Kawasan Industri (KIMA) Makassar. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - PT Aico Energi akan memasok gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) untuk Kawasan Industri Makassar (KIMA) . Hal tesebut diutarakan oleh Direktur PT Aico Energi, Maya Sariwulan.

"Kami sedang menggarap pasar itu dan kawasan ini memang kawasan industri pertama di Makassar yang memanfaatkan gas alam cair sebagai sumber energi. Di Kima ini kan memang kawasan, ada banyak tenant industri jadi lebih nyaman kerjasama dengan kawasan langsung," ujarnya, Rabu (5/8/2020).

Dia pun mengaku optimistis bisnis Aico dapat berkembang mengingat pertumbuhan industri di Makassar terus meningkat. Dia menambahkan, LNG akan berguna untuk membantu para pelaku industri dalam melakukan efisiensi. Sehingga PT Aico Energi juga bisa turun berperan dalam mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi di Indonesia Timur, khususnya di Sulsel.

Kata Maya, setiap industri menginginkan biaya operasional yang efisien dan secara hasil memberikan pemasukan yang sesuai dengan harapan. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh PT Aico Energi adalah dengan penggunaan gas alam cair ini.

Baca Juga: Perusda MoU dengan 2 Perusahaan, NA: Ini Dorong Ekonomi Sulsel

Menurut dia, penggunaan bahan bakar LNG ini sangat efisien karena dalam pemanfaatannyadapat menurunkan biaya operasional bagi penggunanya. Disisi lain, bahan bakar ini juga sangat bersih dan ramah lingkungan.

Karena itu, tenant-tenant lain yang ada di KIMA sekaligus pelaku usaha industri lain di Sulsel diharapkan dapat menyusul dan menggunakan bahan bakar LNG untuk mendukung kegiatan bisnis dan operasionalnya. Hal ini mengingat pertumbuhan industri di Makassar akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

"Ke depan gas alam cair dapat menjadi jawaban bagi pemenuhan permintaan gas baik di sektor industri, komersial, hingga rumah tangga," katanya.

PT Aico Energi memasok 100 juta british thermal unit (BTU) per hari LNG ke KIMA dan digunakan untuk bahan bakar insirenator. Adapun Aico mendapatkan LNG dari stasiun pengisian (filling station) PT Badak NGL di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).

Gas alam cair tersebut kemudian dikemas dalam ISO tank yang kemudian diantarkan ke Makassar. "Tahap pertama kita pasok 12 ISO Tank per bulan ke KIMA," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)