alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

NasDem Sulsel Resmi Ajukan Gugatan ke Bawaslu

Luqman Zainuddin
NasDem Sulsel Resmi Ajukan Gugatan ke Bawaslu

MAKASSAR - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Sulsel resmi mengajukan permohonan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, Jumat (10/08/2018), atas putusan KPU Sulsel yang menggugurkan seluruh bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Dapil XI Sulsel untuk maju di Pileg 2019.

"Sudah masuk tadi (permohonan) sebelum Jumat, yang dipersiapkan, kelengkapan berkas Pencalegan dari Musda Mulia, semuanya kita siapkan kembali. Saya kemungkinan hadir langsung. Cukup saya saja yang hadir. Inikan soal mediasi saja," kata Juru Bicara DPW Nasdem Sulsel, M Rajab.

"Permohonan kami, yang jelas meminta agar membatalkan keputusan KPU Sulsel yang men-TMS kan Musda Mulia, dan memasukkan kembali Musda dalam daftar Bacaleg Nasdem Dapil XI," sambung anggota DPRD Sulsel ini.

Pengajuan sengketa itu pun dibenarkan Staf Bagian Hukum Bawaslu Sulsel, Rahmat.

"Iya tadi pagi permohonannya sudah masuk sekitar pukul 11.30, dan baru kami registrasi pukul 12.00. Semua syarat permohonan sudah lengkap, jadwal mediasinya hari Senin (13/8)," akunya.

Baca : NasDem Sulsel Bakal Gugat Putusan KPU Sulsel

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi menerangkan, bahwa mekanisme sengketa akan dimulai dengan sidang mediasi, menghadirkan kedua belah pihak. Mendengarkan, apa yang diinginkan kedua pihak.

"Para pihak, kita mau dengar harapannya mau apa dari kasus itu. Misalnya, pemohon minta diloloskan. Kita tawarkan, apa syaratnya supaya diloloskan. Biasanya, harapan itu dijawab oleh termohon, bisa kami loloskan, ini syaratnya. Jika bisa dipenuhi, bisa sampai disitu mediasinya. Kalau gagal, baru masuk dalam sidang ajudikasi, 12 hari kerja," jelasnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads