alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Semua Sengketa Pilkada Sulsel Kandas di Mahkamah Konstitusi

Luqman Zainuddin
Semua Sengketa Pilkada Sulsel Kandas di Mahkamah Konstitusi
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Seluruh sengketa hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulsel, yang masuk di Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya kandas.

Siang tadi, sengketa Pemilihan Wali kota dan wakil Walikota (Pilwalkot) Makassar dan Pilkada kabupaten Pinrang juga ikut ditolak.

Sehari sebelumnya, gugatan sengketa Pilwalkot Palopo, Parepare, Pilkada Sinjai, dan Bantaeng sudah lebih dahulu ditolak. Khusus Pilwalkot Makassar, ada dua permohonan yang ditolak MK, masing-masing diajukan Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) dan Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi - Cicu).

Dalam amar putusan MK, penolakan permohonan DIAmi dilakukan lantaran mengabulkan eksepsi termohon (KPU kota Makassar), yang berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon (DIAmi). Kemudian, menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Amar putusan itu juga sama dengan penolakan gugatan Appi-Cicu.

"Putusan hakim masih di eksepsi yah. Tadi, terkait dengan kedudukan hukum, yakni legal standing dari kedua pemohon di MK. Appi-Cicu terkait Pasal 158 terkait persentase (suara), ambang batas yang tidak memenuhi syarat. Kalau DIAmi ini, bukan pasangan calon lagi," ujar kuasa hukum KPU kota Makassar Marhumah Majid saat dikonfirmasi.

Dengan putusan ini, kata Marhumah, semua tahapan Pilwalkot Makassar sudah selesai. Tinggal, penyampaian hasil MK tersebut ke pihak-pihak terkait.

Komisioner KPU kota Makassar Rahma Saiyed dikonfirmasi terpisah menyebutkan, bahwa keputusan MK menguatkan keputusan yang sudah ditetapkan pihaknya pasca-pemungutan suara Pilwalkot Makassar. Sehingga, semua tahapan dipastikan selesai.

"Kita juga sudah menetapkan, penetapan hasil (perhitungan suara) dulu kan. Alhamdulillah yah, mau bikin apa lagi? Kita lanjutkan tahapan lain (Pemilu dan Pilpres)," ujar Rahma Saiyed saat dikonfirmasi.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads