alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Kebakaran Maut di Tinumbu Dilakukan Atas Perintah Gembong Narkoba

Mustafa Layong
Kebakaran Maut di Tinumbu Dilakukan Atas Perintah Gembong Narkoba
Sejumlah warga memamadati lokasi puing puing ruma pasca kebakaran di permukiman padat, Jalan Tinumbu, Kelurahan Pannampu, yang menewaskan enam orang. Foto: Maman Sukirman/SINDOnews

MAKASSAR - Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar, akhirnya mengungkap motif pembakaran rumah yang menewaskan enam sekluarga di Jalan Tinumbu, Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Senin (5/8/2018) dini hari lalu. Bahkan insiden pembakaran rumah tersebut atas perintah gembong narkoba.

Itu diketahui setelah meringkus empat orang terduga pelaku yang merupakan suruhan gembong narkoba. Pelaku diduga menyulut api dengan bensin botolan. Diduga ini dilakukan karena gembong narkoba tersebut murka dengan salah satu korban, Ahmad Fahri alias Desta (25).

Sebanyak empat orang yang terlibat dalam aksi penganiayaan maupun eksekutor pembakaran rumah, berhasil diamankam dan ditetapkan sebagai tersangka. Tidak berhenti disitu, penyidik Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar juga mengusut dalang aksi brutal yang berada di dalam penjara Lapas Kelas I Gunung Sari, Makassar.

Perkembangan penyidikan itu diungkapkan langsung Kepala Polrestabes Makassar Kombes Pol Irwan Anwar saat ditemui di kantornya, Jumat, (10/08/2018).

"Penyidik dari Polrestabes Makassar telah malakukan upaya-upaya penyelidikan dan sekarang sudah masuk ke tahap penyidikan telah melakukan penangkapan terhadap setidaknya enam orang palaku," jelas Irwan.

Baca Juga : Kebakaran Renggut 6 Jiwa, Polisi Usut Keterlibatan Bandar Narkoba

Irwan menerangkan, pihaknya tidak akan berhenti di enam orang yang sudah diamankan. Sebab berdasarkan keterangan sejumlah saksi, diduga pelaku penganiayaan maupun pembakaran lebih banyak dari jumlah itu.

"Ada dua case yang menyertai peristiwa itu, yang pertama, kasus penganiayaan (Pasal 351 KUHPidana) tersangkanya juga sudah kami amankan termaksud kasus pembakaran (Pasal 170 KUHPidana) juga tersangkanya sudah kami amankan. Namun sampai dengan detik ini masih ada tersangka dari kedua kasus ini yang masih dikejar oleh anggota," jelas Irwan.

Irwan mengakui, dari keterangan sejumlah tersangka, diketahui adanya keterlibatan sindikat peredaran narkoba di Wilayah Makassar pada pembakaran itu. Dalang yang diduga menjadi otak kejahatan, diketahui merupakan warga binaan Lapas Kelas 1 Makassar.

Aktor yang masih dirahasiakan identitasnya itu, sudah ditempatkan di sel isolasi Lapas Kelas 1 Makassar, dan segera dijemput tim Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar untuk penyidikan.

"Kita juga sudah mengamankan sumber dari persoalan utama ini yaitu sumber barang. Persoalannya jual-beli narkotika, pelakunya sudah diamankan di Lapas," jelas Kapolrestabes Makassar.

Terlepas dari itu, berdasarkan keterangan saksi dan tersangka pembakaran, api sengaja dinyalakan bersumber dari tumpukan kardus bekas di depan rumah korban. Dengan bantuan bahan bakar minyak yang disiramkan ke bagian rumah, api cepat menjalar mengikuti pola minyak dan menjilati bagian bangunan.

Baca Juga : Polisi Amankan Empat Terduga Pelaku Pembakaran Rumah di Tinumbu



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads