alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa Takalar Meninggal Usai Diberi Vaksin Measles Rubella

Herni Amir
Siswa Takalar Meninggal Usai Diberi Vaksin Measles Rubella
ilustrasi/SINDOnews

TAKALAR - Muh Arfah, siswa Kelas 2 SMP 5 Takalar meninggal dunia Senin (13/08/218) dinihari pasca divaksin Measles Rubella (MR). Sebelum meninggal Arfah yang divaksinĀ oleh Tim Kesehatan Puskesmas Polongbangkeng SelatanĀ di sekolahnya, Senin (6/8/2018) lalu, diketahui sempat mengalami demam tinggi.

Keluarga korban Daeng Sibali mengatakan, sebelumnya kondisi korban sehat-sehat saja. Namun setelah diimunisasi, anak kedua dari Taruddin Dg Lalang dan Hatija tersebut mengalami demam tinggi selama dua hari.

Di hari ketiga, yakni Rabu (08/08/2018), bahkan demam Arfah semakin tinggi sehingga pihak keluarga memutuskan untuk membawa remaja kelahiran 24 Desember 2005 itu ke Puskesmas di Polongbangkeng Selatan.



"Hanya saja setelah dirawat dua hari di Puskesmas, korban tidak mengalami perubahan karena tidak diperiksa secara intensif oleh dokter," ungkap Daeng Sibali.

Usai dirawat di rumah, kondisi Arfah yang semakin melemah, pihak keluarga pun lanjut Sibali membawa Arfah yang tinggal di Lingkungan Batu Macing Kecamatan Polongbangkeng Selatan ke RSUD Padjonga Dg Ngalle ke rumah sakit. Namun sayang, dalam perjalanan Arfah korban meninggal dunia.

"Setelah korban meninggal baru dokter mau melakukan pengecekan darah. Karena menurut dokter dari puskesmas Arfah demam berdarah. Tapi keluarga tolak. Untuk apa dilakukan pemeriksaan darah kalau yang bersangkutan sudah meninggal," tambahnya.

Sibali menuturkan, saat memandikan jenazah Arfah, keluarga menemukan bintik merah di sekujur tubuh serta lebam di beberapa bagian tubuh seperti lengan dan perut.

"Kami sudah melakukan perawatan selama dua hari dua malam dengan korban, namun pada saat korban mau diambil darahnya dia menolak. Setelah panasnya tinggi kami mau memberikan rujukan ke Rumah Sakit Haji Padjonga Daeng Ngalle," kilah Kepala Puskesmas Polongbangkeng Selatan, Musawirah menampik tudingan penyebab kematian Arfah.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook