Seleksi Paskibraka Maros Dikritik, Dispora Dianggap Tak Profesional

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:54 WIB
loading...
Seleksi Paskibraka Maros Dikritik, Dispora Dianggap Tak Profesional
Dispora Maros dianggap tak profesional dalam merekrut anggota paskibraka 2020. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAROS - Pelaksana Tugas Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Maros, Sutri Utami melayangkan kritik tajam ke Dispora Kabupaten Maros. Kritik itu terkait proses perekrutan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibaraka) 2020.

Sutri menganggap, Dispora Maros tidak profesional melakukan prekrutan anggota paskibraka 2020. Ia bahkan menyebut, Dispora Makassar terkesan asal kerja saja.



Tudingan tidak profesionalnya Dispora Maros melakukan seleksi didasari sejumlah temuan Sutri di lapangan. Mulai dari proses undangan seleksi paskibraka ke sekolah-sekolah, hingga pemanggilan mereka yang lolos untuk mengikuti latihan.

Sutri menerangkan, saat menyampaikan undangan seleksi ke SMA di Maros, pihak Dispora hanya diwakili oleh rekanannya. Hanya saja, rekanan tersebut tak diketahui pasti posisinya di kepanitiaan paskibraka 2020. Tak hanya itu, rekanan itu juga diduga membawa surat undangan palsu.

"Mereka membawa surat tersebut dianggap oleh salah satu pihak sekolah di Maros dengan kecurigaan, bahwa surat tersebut palsu yang mendasar pada stempel surat tersebut dengan stempel yang terfotokopi, dengan cara oknum yang mengantar surat tersebut tidak menghargai pihak sekolah maupun paskibra sekolah," ungkapnya.

Beberapa sekolah yang menerima surat tersebut, lanjut Sutri, kemudian mendatangi Dispora Maros. Di sana, perwakilan sekolah diminta tak mempermasalahkan lebih jauh soal surat tersebut. Sebagai gantinya, Dispora Maros lalu membuat surat baru dengan stempel basah.



"Selanjutnya pada 4 Maret 2020 sudah terbentuk panitia penyeleksian paskibraka Maros 2020, yang seharusnya pada tanggal 16 Maret 2020 adalah jadwal penyeleksian paskibraka Maros 2020 ditunda atau dibatalkan karena alasan pendemi COVID, tapi sampai sekarang tanpa ada konfirmasi kepada seluruh unsur panitia paskibraka Maros 2020 dan seluruh sekolah SMA sederajat di Maros yang telah menerima undangan penyeleksian paskibraka Maros 2020," jelasnya.

Indikasi ketidakprofesionalan Dispora Makassar kata Sutri juga terlihat dalam pemanggilan 10 orang untuk mengikuti wawancara dan pengukuran postur tubuh. Menurut dia, pemanggilan itu terkesan sembunyi-sembunyi karena hanya melibatkan oknum rekanan pihak Dispora tanpa mengonfirmasi kepada seluruh unsur panitia paskibraka Maros 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)