alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Gugurkan Seluruh Caleg PAN Dapil I Enrekang

Aris Bafauzi
KPU Gugurkan Seluruh Caleg PAN Dapil I Enrekang
Ilustrasi/SINDOnews

ENREKANG - Seluruh calon anggota legislatif (Caleg) daerah pemilihan (dapil) I Enrekang terpaksa harus didiskualifikasi oleh KPU Enrekang. Imbas 30% keterwakilan perempuan yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Diketahui jumlah caleg PAN yang terdiskualifikasi sebanyak 10 orang.

"Iya ada syarat yang tidak mereka penuhi. Dimana keharusan dalam daftar caleg tiap partainya mesti menyiapkan tempat bagi caleg perempuan minimal quota 30 persen dari total calegnya. Jadi caleg PAN dapil satu Enrekang kita coret," beber Komisioner KPU Enrekang, Rahmawati Karim, Selasa (14/08/2018).



Sebelumnya, Rahmawati mengungkapkan, pada saat masa perbaikan, pihak partai berlambang matahari terbit ini tidak juga datang mengkonfirmasinya. Dimana dalam pendaftaran awal, terdapat dua caleg perempuan yang bermasalah administrasi.

"Kan ada waktu kita berikan untuk perbaikan, namun dua caleg mereka yang keduanya perempuannya ini oleh pihak partai tidak datang mengkonfirmasi perbaikannya. Seperti salah satunya tidak memiliki SKCK, dan satunya lagi diminta melakukan perbaikan pada ijazahnya rusak," jelasnya.

Atas putusan itu, pengurus PAN Enrekang dikabarkan akan melayangkan gugatan ke Panwaslu Enrekang berharap alasan mereka masih bisa diberi keadilan dan kebijaksanaan untuk seluruh calegnya kembali diakomodir mengikuti kontestasi Pileg 2019 akan datang.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook