alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

HUT RI, Kakanwil Kemenkumham Sulsel: Napi Tipikor Ada yang Bebas

Syachrul Arsyad
HUT RI, Kakanwil Kemenkumham Sulsel: Napi Tipikor Ada yang Bebas
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Kantor Wilayah (Kanwail) Kemenkumham Sulsel akan memberikan remisi terhadap ribuan narapidana di Sulsel dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73.

Dari 9.900 narapidana yang tersebar di Sulsel, 3.500 diantaranya akan diberikan remisi. Sedangkan 70 tahanan lainnya akan dibebaskan.

Kepala kanwil Kemenkumham Sulsel, Imam Suyudi mengatakan, dari 70 narapidana yang akan dibebaskan merupakan pelaku kejahatan kasus yang berbeda.



"Tapi sebagian besar adalah pidana umum. Tipikor ada juga yang bebas. Sementara 3.500 orang yang akan remisi ini rata-rata pengurangan antara 1 bulan sampai enam bulan. Jadi bervariasi," katanya, Selasa (14/08/2018).

Disamping itu, ke depan Kemenkumhan Sulsel akan semakin gencar melakukan pembinaan terhadap para tahanan. Dengan begitu mereka menyadari kesalahan dan bisa berinteraksi kembali di lingkungan masyarakat melalui upaya remisi maupun pembebasan bersyarat sesuai undang-undang.

"Selanjutnya melakukan upaya bagaimana perubahan regulasi dalam rangka pemidanaan di Indonesia. Adanya pemidanaan-pemidanaan yang bukan semata melakukan tindakan pemenjaraan. Tapi melakukan suatu proses regulasi, yaitu KUHAP, seperti pidana kerja, pidana denda, pidana sosial lainnya. Dalam rangka restorasi justice," ungkap Imam.

Tindakan ini diakui Imam cukup efektif. "Dampaknya adalah pengurangan biaya dari APBN dengan remisi yang 3500 orang ini kami sudah menghemat anggaran sebanyak Rp4,5 miliar dalam enam bulan ini," jelasnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads