Menghilang dari Publik, Pembelot Korut Sebut Kim Jong-un Tak Bisa Berdiri

Kamis, 30 April 2020 - 13:43 WIB
loading...
Menghilang dari Publik, Pembelot Korut Sebut Kim Jong-un Tak Bisa Berdiri
Publik benar-benar penasaran dengan kondisi pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Sejumlah rumor pun beredar terkait keberadaan diktator muda tersebut. Foto : Istimewa
A A A
SEOUL - Publik benar-benar penasaran dengan kondisi pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Sejumlah rumor pun beredar terkait keberadaan diktator muda tersebut.

Salah satunya diungkapkan seorang pembelot top Korut yang kini jadi anggota parlemen di Korea Selatan. Ia menduga Kim Jong-un kini tidak bisa berdiri sendiri ataupun berjalan dengan benar.

"Saya tidak yakin apakah dia benar-benar menjalani operasi atau apa pun, tetapi satu hal yang jelas...dia tidak dapat berdiri sendiri atau berjalan dengan baik," kata pembelot Korea Utara tersebut yang dilansir Rabu (29/4/2020).

Thae Yong-ho, dalam sebuah wawancara dengan CNN, mencatat bahwa ketidakhadiran Kim Jong-un selama perayaan itu "benar-benar abnormal".

Thae Yong-ho mengemukakan pendapatnya itu berdasarkan pemahaman umum tentang politik Korea Utara. Menurutnya, hanya sedikit orang yang dekat dengan pemimpin Korea Utara yang tahu kebenaran tentang kondisinya.

Dia menyarankan orang-orang untuk mengambil semua laporan tentang kondisi Kim Jong-un yang bersumber anonim dengan "sejumput garam". Dia mengingatkan bahwa banyak menteri tingkat tinggi "ditahan" dalam kegelapan selama berhari-hari, ketika pendahulu Kim Jong-un, yakni Kim Jong-il, meninggal.

"Satu-satunya orang yang dapat mengonfirmasi kondisinya yang sebenarnya adalah istri atau saudara perempuan Kim Jong-un, atau asisten dekatnya. Rumor di mana dia sekarang, (atau) apakah dia telah menjalani operasi, saya tidak berpikir itu benar-benar berdasarkan fakta," katanya.

Pemimpin Korea Utara belum terlihat di depan umum sejak 11 April dan setelah ketidakhadirannya selama perayaan ulang tahun pendiri Korut pada 15 April. Menghilangnya Kim Jong-un dari publik itulah yang memicur rumor bahwa dia tidak sehat atau bahkan meninggal.

Laporan media yang bertentangan, berdasarkan sumber anonim, menyatakan bahwa Kim Jong-un "dalam bahaya besar setelah operasi" atau telah menjalani operasi kardiovaskular, tetapi sedang memulihkan diri dan menerima perawatan.

Penasihat Kebijakan Luar Negeri Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in, menolak laporan negatif tentang kondisi Kim Jong-un. Dia bersikeras bahwa pemimpin Korut itu masih hidup dan sehat.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya mengatakan dia memiliki "gagasan yang sangat bagus" tentang status Kim Jong-un, tetapi mengatakan dia tidak bisa membicarakannya sekarang.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3568 seconds (0.1#10.140)