alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Enrekang Dituding Lamban Tangani PAW Wakil Bupati Terpilih

Aris Bafauzi
KPU Enrekang Dituding Lamban Tangani PAW Wakil Bupati Terpilih
ilustrasi/SINDOnews

ENREKANG - Calon pengganti anggota DPRD Enrekang, Asman yang terpilih sebagai Wakil Bupati Enrekang periode 2018-2023 mendampingi Muslimin Bando, hingga kini belum ditentukan. KPU Enrekang disebut sebagai dalang dari kelambatan penentuan tersebut.

"Kenapa belum juga dijawab surat dari DPRD yang meminta nama lain selain Hardi. Yang mana Hardi ini jelas sudah mengundurkan diri sebagai kader Nasdem bahkan jelas telah diberhentikan dari keanggotaan partai Nasdem," kesal Ketua Bapilu Nasdem Enrekang, Syukur Djamadi, kepada SINDOnews, Kamis (16/08/2018).

Syukur sendiri memprotes lambannya respon KPU Enrekang terkait pergantian nama Hardi meski yang bersangkutan sebagai peraih suara terbanyak kedua setelah Asman.



"Hardi telah diberhentikan sebagai kader Nasdem setelah mencalonkan diri sebagai kepala desa saat Pilkades lalu, dan ada SK Pemberhentian Hardi yang diterbitkan DPP Nasdem tertanggal 25 Juli 2018. Kenapa masih nama Hardi yang disodorkan KPU," sesalnya.

Secara aturan, lanjut Dia, KPU harus merespon surat DPRD paling lambat lima hari. Apalagi telah muncul SK Gubernur terkait pengangkatan Hardi sebagai Anggota DPRD menggantikan Asman tertanggal tujuh Agustus 2018.

"Harap dijawab jangan sampai dilantik nama yang bukan lagi kader Nasdem," tukasnya.

Menanggapi itu, Komisioner KPU Enrekang, Rahmawati Karim membantah dikatakan lamban. Menurut Dia KPU Eenrekang saat ini berhati-hati dalam bersikap, dikerenakan ada dua surat yang diterima KPU.

"Selain surat meminta nama baru selain Hardi dengan adanya SK pemberhentian sebagai kader Nasdem. Juga ada surat atau SK Gubernur Sulsel untuk mengangkat Hardi sebagai pengganti Asman. Makanya kita mau klarifikasi dulu, jangan sampai kita salah langkah," jelas Rahmawati.

Saat ini, lanjutnya, KPU tengah melakukan koordinasi dengan pihak DPW partai Nasdem Sulawesi Selatan, terkait adanya dua SK pengangkatan Hardi yang notabene telah diberhentikan dari kader Nasdem.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook