alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Tindik Telinga Bayi Perempuan, Bisa Berbahaya

Tim Sindonews
Jangan Tindik Telinga Bayi Perempuan, Bisa Berbahaya
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Menindik telinga bayi perempuan biasanya jadi hal wajib dilakukan. Hal ini dilakukan agar bisa dipasang anting-anting, sebagai tanda anak tersebut perempuan.

Namun tahukah kamu, bahwa tradisi menindik telinga bayi bisa membahayakan kesehatan bayi? Dilansir dari New York Post, dokter dari American Academy of Pediatrics mengungkapkan bahwa lebih baik orangtua tidak meminta anaknya untuk ditindik telinga atau prosedur kosmetika lainnya hingga si anak cukup dewasa untuk merawat kesehatan mereka sendiri.

Dr. Corey Wasserman, dokter anak Weill Cornell Medicine, Amerika Serikat mengatakan, "Tidak ada usia pasti yang membolehkan kapan anak bisa ditindik telinganya, selama tindakan ini dilakukan dengan hati-hati dan sungguh-sungguh."

Meski begitu, ada risiko yang dihadapi si kecil jika tindik dilakukan saat masih sangat dini. Jika tindik dilakukan ketika usia bayi kurang dari 90 hari, ketika sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, maka bisa menimbulkan infeksi pada telinganya. Hal ini bisa muncul karena bayi alergi logam atau bahan perhiasan.

Ketika bayi sehat kurang dari tiga bulan mengalami infeksi, satu hal yang akan ia hadapi adalah masuk rumah sakit dengan pemberian obat antibiotik selama 48 jam.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika orangtua menunggu hingga bayi berusia lebih matang untuk bisa melakukan tindakan tindik.



(sss)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads