Sering Longsor, Jalan Penghubung Wajo-Bone di Cempa Segera Diperbaiki

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 18:36 WIB
loading...
Sering Longsor, Jalan Penghubung Wajo-Bone di Cempa Segera Diperbaiki
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wajo, Taqwa Gaffar saat bertandang ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel, Jumat (7/8/2020). Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Jalan yang menghubungkan kabupaten Wajo dan Bone di dusun Cempa, desa Pallawarukka, kecamatan Pammana, kabupaten Wajo, Sulsel segera diperbaiki. Jalur itu akan mendapatkan perbaikan menggunakan konstruksi pile slab akibat setiap tahunnya sering mengalami longsor

Rencana perbaikan tersebut diutarakan oleh Ketua Komisi III DPRD kabupaten Wajo , Taqwa Gaffar usai bertandang ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel, Jumat (7/8/2020).

Menurut Taqwa, progres tahap perbaikan jalan trans nasional yang berada di Cempa itu, saat ini telah memasuki tahap pelelangan.



Berdasarkan hasil pemaparan yang dilakukan pihak BPPJN Sulsel, untuk mengantisipasi terjadinya longsor di jalan poros Wajo-Bone itu, pihak balai telah merancang konstruksi bangunan yang diyakini dapat meredam longsor yang setiap tahunnya terjadi di jalur tersebut.

"Konstruksi yang akan dipakai untuk mengantisipasi longsor yang setiap tahun terjadi, yakni dengan menggunakan pile slab atau tiang pancang yang ditanam," beber Taqwa kepada SINDOnews, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, lanjut politisi partai Nasdem itu, pihak BPPJN Sulsel telah menjamin mutu dari konstruksi pile slab yang akan digunakan, sebab sejumlah kasus jalan longsor yang menggunakan konstruksi tersebut, sejauh ini bisa teratasi.

Sebelumnya, BPPJN Sulsel mempunyai sejumlah opsi dalam mengatasi longsor yang setiap tahunnya melanda jalan trans nasional di dusun Cempa. Salah satu opsi itu adalah peralihan jalur.

Namun opsi peralihan jalur yang digadang-gadang jadi pilihan terbaik, gagal terealisasi, sebab sejumlah hambatan dan proses yang dinilai memakan waktu lama serta terkendala anggaran pembebasan lahan, sehingga BPPJN Sulsel mengalihkan pilihannya ke konstruksi pile slab.

"Kemarin memang pilihannya peralihan jalan, konsepnya pun sudah ada, namun karena prosesnya dinilai cukup panjang, sehingga konstruksi pile slab menjadi pilihan. Apalagi konstruksi pile slab dinilai mempunyai kekuatan yang mampu membendung longsor," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)