Gubernur Tegaskan Masjid 99 Kubah Belum Laik Digunakan

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 20:37 WIB
loading...
Gubernur Tegaskan Masjid 99 Kubah Belum Laik Digunakan
Sejumlah warga tampak berjalan meninggalkan masjid 99 Kubah usai melaksanakan salat Jumat di masjid yang terletak di kawasan CPI itu, Jumat (7/8/2020). Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah menegaskan bahwa masjid 99 Kubah belum laik digunakan untuk aktivitas beribadah.

Penegasan itu disampaikan pascaadanya pelaksanaan salat Jumat yang dilakukan sekelompok masyarakat dari Kaukus masjid 99 Kubah, Jumat (7/8/2020).

Menurut Bupati Bantaeng dua periode ini, aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok orang dari kalangan intelektual tak patut dicontoh. Apalagi, di masa pandemi COVID-19 seperti ini mengumpulkan massa dalam jumlah besar.



Di mana, mereka tidak lagi mengedepankan protokol kesehatan . Hal itu kian diperparah dengan kondisi masjid 99 Kubah yang belum laik pakai. Lantaran kondisinya kotor, tidak ada ketersediaan tempat berwudu, tempat cuci tangan hingga ketersediaan sanitasi seperti toilet.

“Sangat disayangkan ada gerakan dari mereka yang memaksakan menggunakan masjid salat Jumat, sementara kondisinya sangat tidak laik ditempati beribadah,” ujarnya, saat dihubungi, Jumat (7/8/2020).

Tak hanya pada sisi kebersihan, Nurdin Abdullah juga menyoroti konstruksi bangunan masjid yang belum rampung. Bahkan, menurutnya sangat membahayakan bagi siapa saja yang melakukan aktivitas di dalam.

“Jadi saya mohon, jangan mempertontonkan sesuatu yang tidak mencerminkan diri sebagai seorang intelektual. Jangan gunakan cara-cara yang bisa membuat orang antipati, apalagi masa pandemi masjid yang higienis saja benar-benar memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia menegaskan, membuka tempat salat khususnya pelaksanaan salat Jumat bukan perkara mudah, karena harus memenuhi syarat-syarat tertentu termasuk izin dari Kementerian Agama (Kemenag).

“Bukan serta merta ketika mau dipakai, langsung dipakai begitu saja. Tapi harus memperhatikan banyak faktor. Masjid itu harus bersih ditempati salat, bukan seperti kondisi yang ada di masjid Kubah 99 saat ini,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)