alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Haru! Korut dan Korsel Bersatu di Pembukaan Asian Games 2018

Tim Sindonews
Haru! Korut dan Korsel Bersatu di Pembukaan Asian Games 2018
Kontingen Korut dan Korsel saat pawai di bawah bendera unifikasi. Foto: Reuters

JAKARTA - Pemandangan bersejarah terlihat pada upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/08/2018), yakni bersatunya Korea Utara dan Korea Selatan dalam satu bendera pada saat defile.

Momen yang baru pertama kalinya terjadi ini pun disambut meriah dengan lambaian tangan puluhan ribu penonton yang memadati GBK.

Sementara itu opening ceremony Asian Games tahun ini dibuka dengan tarian kolosal yang melibatkan ribuan penari dan mereka kompak menarikan tarian khas Aceh.

Usai pentas tarian tersebut, acara dilanjutkan dengan perkenalan seluruh negara peserta, di mana perwakilan kontingen masing-masing negara mengelilingi lapangan.

Satu orang membawa bendera negara dalam ukuran besar, dan yang lainnya mengibarkan bendera mini. Setiap negera didampingi seseorang yang mengenakan kostum Garuda.

Negara pertama yang memperkenalkan adalah Afghanistan. Sementara China merupakan salah satu negara yang menurunkan atlet terbanyak di Asian Games 2018 dengan 893 atlet.

Para atlet yang mengikuti defile tak ingin melewatkan momen penting ini. Mereka pun mengeluarkan kamera ponsel untuk mengabadikan momen penting saat berjalan mengelililngi lapangan Stadion GBK.

Untuk kontingen tim Merah Putih, I Gede Siman Sudartawa terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Pakaian yang dikenakan bukan kostum daerah melainkan jas berwarna merah lengkap dengan celana berwarna putih.

Pada defile ini 964 atlet turun ke lapangan. Penonton pun meneriakkan Indonesia, Indonesia, Indonesia dari tribun penonton.

Setelah para atlet melakukan defile pada pembukaan Asian Games 2018, puluhan ribu penonton yang berada di Stadion GBK kembali dihibur dengan lagu Asian Games berjudul meraih bintang yang dinyanyikan Via Vallen.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads