alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Vladimir Putin Minta Eropa untuk Bantu Bangun Suriah

Berlianto
Vladimir Putin Minta Eropa untuk Bantu Bangun Suriah
Rusia meminta negara Uni Eropa untuk membantu membangun kembali Suriah. Foto: Istimewa

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin, meminta seluruh negara Eropa berkontribusi pada untuk membangun Suriah agar jutaan pengungsi kembali ke rumah mereka.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, sebanyak 1,7 juta warga Suriah yang telah melarikan diri dari perang saudara dan saat ini berada di luar negeri sedang menunggu untuk kembali ke Suriah.

"Kami perlu memperkuat upaya kemanusiaan dalam konflik Suriah," katanya, jelang pertemuan dengan mitranya dari Jerman Angela Merkel di kastil pemerintah Meseberg, sebelah utara Berlin.



"Dengan itu, maksud saya di atas semua bantuan kemanusiaan kepada rakyat Suriah, dan membantu daerah di mana pengungsi yang tinggal di luar negeri dapat kembali," jelasnya seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (19/8/2018).

Putin kemudian mengungkapkan, bahwa ada satu juta pengungsi Suriah di Yordania, jumlah yang sama di Lebanon, dan tiga juta di Turki.

Jerman telah menerima ratusan ribu migran sejak 2015- puncak krisis migrasi - yang telah melemahkan Angela Merkel secara politik dan memisahkan Uni Eropa.

"Ini berpotensi menjadi beban besar bagi Eropa," ujar Putin.

"Itu sebabnya kami harus melakukan segalanya untuk mengembalikan orang-orang ini ke rumah," tambahnya, menekankan perlunya memulihkan layanan dasar seperti pasokan air dan perawatan kesehatan.

Merkel mengatakan prioritas di Suriah adalah untuk menghindari bencana kemanusiaan, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Konflik bersenjata di Suriah mulai pecah pada tahun 2011, dengan Damaskus melawan pasukan oposisi dan sejumlah kelompok teroris yang telah berusaha untuk menguasai negara tersebut.

Rusia campur tangan dalam konflik pada tahun 2015 atas permintaan Presiden Suriah Bashar Assad. Moskow awalnya memberikan dukungan militer dan saat ini menjadi penjamin gencatan senjata dan membantu Damaskus dalam menangani repatriasi pengungsi.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads