alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Iran Akan Kenalkan Jet Tempur Baru, dan Terus Kembangkan Rudal

Agus Nyomba
Iran Akan Kenalkan Jet Tempur Baru, dan Terus Kembangkan Rudal
jet tempur Iran Qaher F-313. Foto: Istimewa

TEHERAN - Jelang memperingati Hari Industri Pertahanan Nasional pada pada 22 Agustus mendatang, Pemerintah Iran akan memperkenalkan jet tempur baru dan akan terus mengembangkan program rudal mereka.

Menurut laporan dari Menteri Pertahanan Iran pada hari Sabtu, (18/08/2018), mereka menentang sanksi baru AS yang ditujukan untuk membatasi program rudal Iran dan pengaruh regional.

"Prioritas utama kami adalah pengembangan program rudal kami. Kami berada dalam posisi yang baik di bidang ini, tetapi kami perlu mengembangkannya," kata Brigadir Jenderal Amir Hatami seperti dikutip oleh kantor berita Fars yang dikutip dari Reuters pada Minggu, (19/08/2018).

"Kami akan menyajikan pesawat ke Hari Industri Pertahanan Nasional, dan orang-orang akan melihatnya terbang, dan peralatan yang dirancang untuk itu," tambah Hatami. Iran merayakan Hari Industri Pertahanan Nasional pada 22 Agustus.

Selain itu, Angkatan Laut Iran juga mengumumkan pada hari Sabtu lalu, bahwa mereka telah memasang sistem persenjataan canggih yang dibangun di dalam negeri di salah satu kapal perangnya untuk pertama kalinya, karena ketegangan meningkat dengan militer AS di Teluk.

Presiden AS Donald Trump menarik Amerika Serikat (AS) pada Mei dari perundingan antara Iran dan negara-negara dunia yang mengekang aktivitas nuklir Teheran dengan imbalan sanksi.

Trump mengatakan, kesepakatan itu sangat cacat karena tidak mengekang program rudal balistik Iran atau mengekang dukungannya untuk proksi dalam konflik di Suriah, Irak dan Yaman.

Iran telah menolak pembicaraan langsung dengan Washington untuk menyelesaikan masalah yang diangkat oleh Trump.

Sebelumnya, Iran meluncurkan pada 2013 apa yang dikatakannya sebagai jet tempur baru yang dibangun di dalam negeri, yang disebut Qaher 313, tetapi beberapa ahli menyatakan keraguan tentang kelangsungan hidup pesawat pada saat itu.

Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Hossein Khanzadi mengatakan, bahwa "sistem Kamand disimpulkan berhasil, dan mengatakan sistem ini dipasang di kapal perang dan akan dipasang di kapal kedua segera," bunyi laporan kantor berita resmi Tasnim

Pengawal Revolusi Iran mengatakan, awal bulan ini mereka memperingatkan "kemungkinan ancaman" oleh musuh.

Komando Sentral militer AS mengatakan, telah melihat peningkatan aktivitas angkatan laut Iran, meluas ke Selat Hormuz, dan jalur air strategis untuk pengiriman minyak Garda Revolusi mengancam akan memblokir.

Iran telah mengembangkan industri senjata domestik besar dalam menghadapi sanksi internasional dan embargo yang telah melarangnya mengimpor banyak senjata.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads