TOPIK TERPOPULER

Turki Siap Bantu Bangun Pelabuhan Beirut yang Hancur karena Ledakan

Muhaimin
Turki Siap Bantu Bangun Pelabuhan Beirut yang Hancur karena Ledakan
Pemerintah Turki Siap membantu membangun pelabuhan Beirut yang hancur karena ledakan mengerikan. Foto: Sky News

BEIRUT - Pelabuhan Beirut yang hancur karena ledakan, siap dibantu oleh Pemerintah Turki untuk membantu Lebanon membangun kembali Pelabuhan tersebut.

Kesediaan Ankara itu disampaikan Wakil Presiden Fuat Oktay saat berkunjung ke Lebanon, Sabtu (8/8/2020).

"Pelabuhan Mersin di Turki, di Mediterania, siap membantu Pelabuhan Beirut," katanya, seperti dilansir Hurriyet Daily News.



Baca Juga: Bom atau Rudal Diduga Jadi Dalang Ledakan Dahsyat di Beirut

Wakil Erdogan tersebut mengatakan, semua rumah sakit Turki dan ambulans udara juga melayani warga Lebanon yang jadi korban ledakan.

Oktay dan Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu bertemu dengan Presiden Lebanon Michel Aoun, Ketua Parlemen Nabih Berri dan Perdana Menteri Hassan Diab.

Ledakan mengerikan itu dipicu oleh kebakaran di sebuah gudang di pelabuhan yang menyimpan 2.750 ton amonium nitrat.

Data terbaru dari pemerintah Lebanon menyatakan 154 orang tewas dan sekitar 5.000 orang lainnya terluka dalam insiden tragis tersebut.

Pemerintah Lebanon mengumumkan pembentukan komite investigasi untuk menyelidiki penyebab ledakan dalam jangka waktu lima hari.

Ledakan itu mengguncang Lebanon saat negara itu mengalami krisis ekonomi terparah, termasuk penurunan drastis nilai mata uang pound Lebanon terhadap dolar Amerika Serikat.

Pada hari Kamis, sebuah pesawat militer Turki yang membawa bantuan dan tim pencarian dan penyelamatan (SAR) tiba di Beirut.

Pesawat tersebut membawa 21 personel National Medical Rescue, dua unit gawat darurat, tiga tenda, obat-obatan dan peralatan medis, 10 personel Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat dan satu kendaraan SAR.

Personel Bulan Sabit Merah Turki, tim SAR serta bantuan medis dan kemanusiaan juga ikut serta dalam pesawat tersebut.

Baca Juga: Ngerinya Ledakan 2.750 Ton Amonium Nitrat di Beirut: Serasa Bom Hiroshima



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!