Lubang Mirip Sinkhole di Area Persawahan Gegerkan Warga Maros

Minggu, 09 Agustus 2020 - 15:54 WIB
loading...
Lubang Mirip Sinkhole di Area Persawahan Gegerkan Warga Maros
Sejumlah warga melihat lubang mirip sinkhole tiba-tiba muncul di area persawahan di Kabupaten Maros. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Kemunculan lubang misterius menyerupai sinkhole kembali terjadi di kabupaten Maros. Kali ini lubang besar tersebut ditemukan di area persawahan Dusun Garantiga Desa Simbang Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros .

Lubang ini ukurannya cukup besar dengan diameter 5 meter dan berisikan air. Diperkirakan kedalaman lubang tersebut sekitar dua meter. Hal tersebut dipertegas oleh warga yang telah berenang di dalam lubang tersebut.

Baca Juga: Empat Lubang Misterius Kembali Gegerkan Warga Maros

Salah seorang warga Dusun Garantiga, Anwar mengatakan, lubang tersebut ditemukan oleh bapaknya pada hari Jumat, (07/08/2020) lalu.

"Saat itu, bapak saya Daeng Mala sama temannya, Daeng Ngalle ke sawah. Sebelumnya mereka ke sawah, terlebih dahulu mematikan mesin sumur bor. Selanjutnya mematikan mesin dan memasang selang pembuangan. Waktu mesin dihidupkan kembali air yang keluar itu kotor sekali, warnanya kecokelatan," jelasnya.

Setelah itu kata dia, bapaknya melihat ada yang aneh di tengah sawah itu. "Pas mereka pergi lihat ternyata ada lubang besar di tengah sawah berisi air. Waktu kejadian mereka tidak mendengar adanya tanda-tanda atau suara apapun," ungkapnya.

Hingga kini, kondisi air dalam lubang tersebut, masih sama seperti saat pertama kali ditemukan. Hanya saja, air mulai berkurang dari hari sebelumnya. Kejadian ini kata dia, merupakan kejadian kedua kali setelah sepuluh tahun lamanya.

"Dulu pernah terjadi disekitar sini tapi sudah sepuluh tahunan kayaknya. Pokoknya sudah lama baru ada lagi kejadian seperti ini, jarak lokasi itu dengan yang sekarang sekitar 500 meter," jelas salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Simbang Jumaedi.

Saat ini tanah ambles itu belum diberi pembatas. Sehingga warga masih bisa masuk melihat langsung kondisinya. Kejadian serupa juga pernah terjadi Desember tahun lalu. Lubang misterius menyerupai sinkhole juga muncul di areal persawahan milik warga di Desa Lebbo Tengae Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros .

Akan tetapi jika di Desa Lebbo Tengae sebelum adanya sinkhole didahului suara gemuruh dan bunyi tanah ambles. Bahkan air terus terisap ke dalam dan pinggiran-pinggiran tanah terus berjatuhan.

Baca Juga: Ahli Geologi Minta Sinkhole di Maros Ditutup Karena Rawan Longsor
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)