alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Amati Pergerakan Amerika, Iran Luncurkan Jet Tempur Baru

Sri S Syam
Amati Pergerakan Amerika, Iran Luncurkan Jet Tempur Baru
Iran mulai meningkatkan kekuatan militernya dengan meluncurkan jet tempur baru, Selasa (21/08/2018). Foto : Ilustrasi/Istimewa

LONDON - Iran mulai meningkatkan kekuatan militernya dengan meluncurkan jet tempur baru, Selasa (21/08/2018). Hal ini dilakukan Iran di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat dan dengan rival regional atas konflik di Timur Tengah

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kecakapan militer Republik Islam adalah apa yang menghalangi Washington dari menyerangnya, menambahkan bahwa di bawah Presiden Donald Trump Amerika Serikat menjadi terisolasi bahkan dari sekutunya sendiri.

"Kita harus membuat diri kita siap untuk melawan kekuatan militer yang ingin mengambil alih wilayah kita dan sumber daya kita," kata Rouhani dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi pemerintah menjelang Hari Industri Pertahanan Nasional.

"Mengapa Amerika Serikat tidak menyerang kita? Karena kekuatan kami, karena tahu konsekuensinya," tambah Rouhani.

Pekan lalu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei juga mengatakan Amerika Serikat akan menghindari konfrontasi militer dengan Teheran karena kekuatan militer Iran.

Khamenei telah menolak tawaran Trump tentang pembicaraan tanpa syarat tentang kesepakatan nuklir baru, mendorong Trump untuk memberi tahu Reuters dalam sebuah wawancara pada hari Senin:
"Jika mereka ingin bertemu, itu baik-baik saja, dan jika mereka tidak ingin bertemu, saya tidak peduli."

Hubungan antara Washington dan Teheran semakin memburuk setelah Trump pada Mei membawa Amerika Serikat keluar dari kesepakatan internasional yang mengekang program nuklir Teheran sebagai imbalan atas pelonggaran sanksi ekonomi.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads