alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Tana Toraja Soroti Perpustakaan Daerah Jauh Dari Pusat Kota

Joni Lembang
DPRD Tana Toraja Soroti Perpustakaan Daerah Jauh Dari Pusat Kota
Ilustrasi/SINDOnews

TORAJA - DPRD Kabupaten Tana Toraja, menyoroti keberadaan perpustakaan daerah karena letak bangunannya dinilai tidak strategis.

Pasalnya, perpustkaan daerah yang dikelolah Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Tana Toraja letaknya berada di Rantelemo kecamatan Makale Utara yang merupakan perbatasan antara kabupaten Tana Toraja dengan kabupaten Toraja Utara.

"Lokasi perpustakaan daerah sangat tidak strategis karena jauh dari pusat kota," ujar Ketua Komisi I DPRD Tana Toraja, Selmi Sattu saat rapat paripurna dengan agenda tanggapan Komisi-komisi DPRD atas Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) APBD 2017 di gedung DPRD Tana Toraja.



Selmi mengatakan, keberadaan perpustakaan umum daerah bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Namun karena letak perpustakaan daerah yang tidak strategis itu akan berdampak pada minimnya jumlah pengunjung perpustakaan umum.

Meski pemerintah daerah setiap tahun mengalokasikan anggaran untuk penambahan jumlah koleksi buku perpustakaan, namun itu tidak akan berpengaruh banyak terhadap peningkatan pengunjung perpustakaan apabila lokasinya berada jauh dari pusat kota.

Selmi yang menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD yang menangani bidang pendidikan pun berharap, pemkab Tana Toraja segera memindahkan perpustakaan umum itu di lokasi yang dekat dengan pusat kota dan lembaga pendidikan.

"Kalau mau perpustakaan umum ramai dikunjungi masyarakat, lokasinya harus segera dipindahkan dekat dengan pusat kota," harapnya.

Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi mengatakan, salah satu rekomemdasi DPRD Tana Toraja dalam rapat paripurna adalah meminta pemkab Tana Toraja mencari lokasi untuk perpustakaan umum yang tidak jauh dari pusat kota.

"Saya optimistis, letak perpustakaan umum dekat dengan pusat kota dan lembaga pendidikan, pengunjung perpustakaan ramai. Bukan hanya masyarakat umum saja tapi juga banyak siswa sekolah dan mahasiswa yang datang membaca di perpustakaan daerah," kata Welem.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tana Toraja Semuel T Bura mengatakan pemkab Tana Toraja akan menindaklanjuti rekomendasi yang dikeluarkan DPRD. Termasuk, rencana pemindahan bangunan perpustakaan umum agar lokasinya dekat dengan pusat kota.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook