TOPIK TERPOPULER

Partai Gerindra-Hanura Bangun Koalisi pada 2 Daerah di Sulsel

Muhaimin Sunusi
Partai Gerindra-Hanura Bangun Koalisi pada 2 Daerah di Sulsel
Partai Gerindra dan Hanura bangun koalisi di dua daerah di Sulsel. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Partai Gerindra dan Hanura lagi-lagi membangun koalisi di dua daerah di Sulsel untuk Pilkada serentak 2020. Dua daerah itu yakni Pangkep dan Maros.

Kedua partai ini bahkan saling melengkapi di dua daerah tersebut. Koalisi Gerindra (5) dan Hanura (2) di Pangkep menghasilkan 7 kursi. Jumlah ini sudah pas untuk mengusung Paslon.

Baca Juga: Tinggalkan Jabatan, Ini Daftar Legislator dan ASN yang Maju Pilkada 2020



Begitu juga di Maros, koalisi Hanura (4) dan Gerindra (3) juga menghasilkan 7 kursi. Total kursi ini juga sudah pas untuk membuat poros baru di Maros 2020.

Di Pangkep, Hanura siap mengusung dua kader Gerindra yakni Andi Nirawati-Lutfi Hanafi. Sedang di Maros, Gerindra juga bakal siap mengusung kader Hanura yakni Wawan Mattaliu.

Sekretaris DPD Hanura Sulsel, Affandy Agusman Aris mengatakan, pihaknya bahkan sudah menyetujui paket Andi Nirawati-Lutfi Hanafi di Pilkada Pangkep. Hanura siap memenangkan pasangan paket Gerindra ini.

"Rekomendasi Hanura sudah diserahkan (ke Andi Nirawati-Lutfi Hanafi). Bahkan rekomendasinya sudah dalam bentuk B1-KWK," kata Affandy kemarin.

Affandy menuturkan pihaknya tak keberatan mengusung pasangan ini, sekali pun keduanya ialah kader Gerindra. Dia bahkan menganggap paket ini berpeluang memenangkan Pilkada Pangkep 2020.

"Mereka ini ibarat kuda hitam. Dan kami yakin mereka bisa menang di sana," ucap Affandy.

Soal potensi koalisi Gerindra dan Hanura di Maros, Affandy juga tak menepis. Sebab dia sempat membocorkan bahwa partainya dan Gerindra memang telah menjajaki koalisi di beberapa daerah, termasuk Maros.

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin menyebutkan peluang Wawan Mattaliu, diusung Gerindra di Pilkada Maros memang ada. Sehingga koalisi Hanura-Gerindra sangat besar untuk terwujud.

"Di Maros, kita usulkan beberapa nama ke DPP. Termasuk nama Wawan Mattaliu. Tapi kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya," sebut Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Terpisah, Andi Nirawati mengaku sudah mendapat restu dari Hanura untuk bertarung di Pilkada Pangkep 2020. "Alhamdulillah ini berkat doa dan usaha, mereka (Hanura) sudah siap," tuturnya.

Legislator DPRD Sulsel ini tinggal menunggu restu dari Gerindra. Sebagai kader, Andi Nirawati optimis partainya juga akan mengusungnya di Pilkada Pangkep 2020.

"Insyaallah (bersama Gerindra). Nanti kalau sudah lengkap (syarat usungan), kita akan sampaikan," jelasnya.

Sementara itu, Wawan Mattaliu tak menampik koalisi Hanura-Gerindra terbangun untuk mengusungnya. Sekali pun saat ini, dia belum menentukan calon pendampingnya.

"Kita serahkan (nama wakil) semuanya ke partai pengusung. Kita tunggu hasil saja," tutup eks legislator DPRD Sulsel ini.

Baca Juga: Resmi Beri Rekomendasi, Ini Alasan PKS Perkuat Koalisi Suardi-Ogi



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!