24 Peserta SKB CPNS Pilih Lokasi Ujian di Luar Sulsel

Selasa, 11 Agustus 2020 - 11:29 WIB
loading...
24 Peserta SKB CPNS Pilih Lokasi Ujian di Luar Sulsel
Sebanyak 489 peserta sudah melakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 lingkup Pemprov Sulsel. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 489 peserta sudah melakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 lingkup Pemprov Sulsel . Baca : Ratusan Ribu Peserta CPNS Sudah Pilih Lokasi Ujian SKB

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel mencatat, dari total peserta tersebut sebanyak 465 orang diantaranya bakal mengikuti tes SKB di kompleks kantor Gubernur Sulsel. Sedangkan 24 lainnya, memilih lokasi tes di luar Sulsel, sesuai dengan domisi masing-masing.

Kepala BKD Sulsel, Imran Jausi mengaku, mereka yang di luar Sulsel memilih lokasi di kantor regional (kanreg) badan kepegawaian negara (BKN) yang tersebar di tiap daerah. Pemilihan lokasi tes ini menyesuaikan dengan tempat tinggal terdekat peserta.

"Yang akan ikut tes di tempat kami itu 465 orang. Sisanya 24 orang berada di luar. Ada yang ikut di BKN Semarang, ada Palu, Mataram, Mamuju, Kendari, ada Gorontalo, Balikpapan, Denpasar, Jayapura, Bandung dan Surabaya," ungkap Imran kepada SINDOnews, kemarin.

Pelaksanaan SKB CPNS ini memang berbeda dibanding tes sebelumnya. Tahun ini, peserta diberi kesempatan memilih lokasi tes sendiri yang menyesuaikan tempat tinggalnya. Walaupun formasi seleksi CPNS tempatnya mendaftar juga berbeda wilayah.

Kebijakan ini diambil untuk mengurangi mobilisasi perpindahan wilayah para peserta. Apalagi ini masih masa pandemi. Langkah tersebut diharapkan bisa mencegah penularan Covid-19 lebih meluas.

Imran melanjutkan, untuk lokasi tes seleksi SKB CPNS lingkup Pemprov Sulsel dipusatkan di kompleks kantor Gubernur Sulsel. Tepatnya, di ruang Assesment Center BKD Provinsi Sulsel. Fasilitas untuk tes SKB melalui sistem CAT pun sudah disiapkan.

"Jadi kita sisa menunggu jadwal tes dari BKN. Dari 465 orang yang tes di tempat kami ini, kira-kira bisa berapa hari ujian. Kan tidak bisa banyak sekaligus ikut tes karena terkait dengan protokol kesehatan," sambung dia.

Imran pun menjamin, pelaksanaan tes SKB CPNS lingkup Pemprov Sulsel melalui protokol kesehatan yang ketat. Ada pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun bagi para peserta sebelum memasuki lokasi ujian.

"Kalau ada peserta pemeriksaannya di atas suhu tubuh normal, maka akan ditempatkan di ruangan khusus. Jadi artinya terpisah dari peserta yang lain, tapi tetap harus ikut tes," jelas Imran. Baca Juga : Peserta SKB CPNS Boleh Pilih Lokasi Ujian Sesuai Domisilinya

Sementara Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN BKD Sulsel, Taufiq Akbar menambahkan, pelaksanaan tes SKB CPNS rencananya digelar pada September-Oktober. Namun untuk jadwal pasti di tiap daerah, masih menunggu penyampaian lebih lanjut dari BKN.

"Jadwal tes SKB setiap instansi daerah belum ada. Tapi secara umum jadwal SKB sesuai surat dari BKN, rencananya dilaksanakan 1 September sampai dengan 12 Oktober 2020," pungkas Taufiq.

Diketahui, Pemprov Sulsel pada seleksi CPNS tahun anggaran 2019 menerima kuota 195 formasi. Formasi ini terdiri atas formasi khusus cumlaude dengan alokasi 4 formasi, sedangkan khusus disabilitas sebanyak 4 formasi pula. Sementara formasi umum, ada 187 formasi yang terdiri dari tenaga kesehatan 74 formasi, tenaga teknis 113 formasi
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)