Polisi Gerebek Laboratorium Kokain Terbesar di Belanda

Rabu, 12 Agustus 2020 - 01:16 WIB
loading...
Polisi Gerebek Laboratorium Kokain Terbesar di Belanda
Polisi menggerebek laboratorium kokain terbesar di Belanda. Foto/BBC
A A A
AMSTERDAM - Sebuah laboratorium kokain yang menurut polisi adalah yang terbesar di Belanda telah ditemukan di bekas sekolah berkuda. Polisi Belanda menggerebek fasilitas itu di pedesaan utara negara tersebut pada hari Jumat lalu dan menangkap setidaknya 17 tersangka.

"Ini adalah laboratorium kokain terbesar yang pernah ditemukan di Belanda," kata Kepala Polisi Belanda, Andre van Rijn, seraya menambahkan bahwa laboratorium itu dapat menghasilkan 150-200kg kokain dalam sehari seperti dilansir BBC, Rabu (12/8/2020).

Ia mengatakan jumlah tersebut memiliki nilai jual senilai USD5,3 juta hingga USD7 juta di jalanan.(Baca: Hendak ke Australia, Pesawat Penuh Kokain Rp1,1 Triliun Jatuh di PNG )

Perkiraan ini, tambah Van Rijn dalam pernyataan yang dirilis pada hari Selasa, didasarkan pada jumlah orang yang bekerja di sana, instalasi, ukuran, tata letak, dan peralatan yang ditemukan di kandang yang diubah menjadi laboratorium di Nijeveen.

Selain peralatan dan puluhan ribu liter bahan kimia, petugas mengatakan mereka menemukan 100 kg bahan dasar kokain di kandang.

Mereka juga menemukan 120 ton apa yang mereka gambarkan sebagai "bahan pembawa" di pusat kota Apeldoorn. Bahan ini dideskripsikan sebagai bahan yang kebanyakan bisa dicampur dengan kokain. Obat tersebut kemudian dikeluarkan dalam proses kimia saat di tempat tujuan.

Petugas menangkap 16 tersangka di bekas kandang kuda di Nijeveen, salah satunya adalah pemilik laboratorium. Sedangkan tersangka ke-17 ditangkap di Apeldoorn.

Mayoritas tersangka adalah pemegang paspor Kolombia. Mereka dijadwalkan dibawa ke hadapan hakim pada Rabu dan Kamis pekan ini.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)