alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nasib Eks Ketua KPU Takalar untuk Menjadi Caleg Ditentukan Besok

Luqman Zainuddin
Nasib Eks Ketua KPU Takalar untuk Menjadi Caleg Ditentukan Besok
Sidang sengketa yang diajukan DPW PBB Sulsel terhadap KPU di sekretariat Bawaslu Jl AP Pettarani, Selasa (28/8). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Nasib mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Takalar, Jussalim Sammak, untuk maju sebagai Caleg DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), ditentukan besok, Kamis (30/8/2018).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah menggelar sidang ajudikasi ketiga sengketa yang diajukan DPW PBB Sulsel terhadap KPU Sulsel, Selasa (28/8/2018), dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari kedua belah pihak.

Sengketa tersebut akibat salah satu Caleg DPRD Provinsi, yakni Jussalim Sammak dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU.



Dalam kesaksiannya, Jussalim menjelaskan hal-hal yang terkait pencalonannya sebagai Bacaleg PBB, yang ia klaim memenuhi syarat calon dan pencalonan.

"Ada beberapa hal yang saya ingin sampaikan sebagai pemohon. Saya dinyatakan TMS karena dianggap masih berstatus sebagai penyelenggara saat pengajuan. Tapi saya sudah memasukkan surat pernyataan pengunduran diri (sebagai penyelenggara) 17 Juli lalu, sementara masa perbaikan pada 21 - 31 Juli," terang Jussalim.

Menurut Jussalim, ia telah mundur sebagai penyelenggara tepat pada hari terakhir pengajuan berkas Bacaleg ke KPU Sulsel atau 17 Juli. Adapun, masa jabatannya baru berakhir pada 19 Juli. Sehingga menurutnya, tak ada yang dilanggar.

Namun, KPU Sulsel berpandangan lain. Komisioner divisi teknis penyelenggaraan pemilu KPU Sulsel Fatmawati Rahim menuturkan, jika alasan ditetapkannya Jussalim TMS karena adanya syarat pencalonan yang tidak terpenuhi.

"Yang dibutuhkan dalam pencalonan adalah surat SK pemberhentian dari bakal calon yang merupakan panitia penyelenggara pemilu/pengawas. Bukan surat pernyataan pengunduran diri," terang Faawati Rahim.

Apalagi, kata Fatmawati, saat pengajuan pertama, berkas Jussalim Sammak sama sekali tidak ada yang menjelaskan bahwa pekerjaan dirinya adalah penyelenggara. Jussalim hanya menuliskan pekerjaannya sebagai dosen.

Sidang selanjutnya akan digelar pada Kamis (30/8) nanti. "Sidang selanjutnya besok, Kamis (30/8). Dengan agenda putusan," terang humas Bawaslu Sulsel Radinal.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook