Menteri Kesehatan Jerman Ragukan Vaksin Covid-19 Buatan Rusia

Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:15 WIB
loading...
Menteri Kesehatan Jerman Ragukan Vaksin Covid-19 Buatan Rusia
Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn meragukan kabar bahwa Rusia menjadi negara pertama di dunia yang memberi persetujuan regulator pada vaksin Covid-19.

Menurut dia, lebih penting memiliki produk yang aman dan sudah teruji dibandingkan hanya menjadi yang pertama memiliki vaksin Covid-19.

Vaksin Rusia itu disebut “Sputnik V” seperti nama satelit pertama di dunia yang diluncurkan Uni Soviet. Namun vaksin itu belum menyelesaikan uji coba terakhirnya. Persetujuan regulator diberika nsetelah kurang dari dua bulan tes pada manusia.

"Ini buka ntentang menjadi yang pertama. Ini tentang memiliki vaksin yang efektif, teruji dan aman," tutur Spahn pada radio Deutschlandfunk. (Baca Juga: China Berhasil Tes Rudal Jenis Baru dengan Helikopter Z-10A)

"Untuk memiliki kepercayaan pada vaksin semacam itu, saya pikir sangat, sangat penting, selama pandemi, untuk melakukan studi dengan baik, tes yang relevan dan terutama untuk merilisnya ke publik," kata dia. (Lihat Infografis: Komparasi Cloud Shadow dan RQ-4 Global Hawk, Drone Jet HALE Type)

"Masalahnya ialah kita tahu sangat sedikit tentang ini karena otoritas Rusia tidak sangat transparan," papar Spahn. (Lihat Video: Gumpalan Awan Berbentuk Gelombang Tsunami Hebohkan Warga Aceh)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)