alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jakarta Travel Fair, Tawarkan Paket Murah Bikin Kantong Tak Bolong

Suwarny Dammar
Jakarta Travel Fair, Tawarkan Paket Murah Bikin Kantong Tak Bolong
Konfrensi pers sekaligus media gathering Jakarta Travel Fair di Swissbell Hotel, Makassar, kemarin. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Tampilan dua orang duta pariwisata DKI Jakarta yang dikenal Abang dan None begitu cakep dan cantik.. Untuk pertama kalinya, keduanya berkunjung ke kota Makassar setelah dinobatkan sebagai Abang dan None DKI Jakarta 2017 lalu.

Bukan tanpa alasan, keduanya hadir untuk mempromosikan betapa indahnya Ibukota Indonesia tersebut. Keduanya didapuk sebagai master of ceremony (MC) dengan mengenakan pakaian khas Betawi untuk event Jakarta Travel Fair (JTF).

Keduanya hadir bersama sejumlah pejabat yang berkecimpung di dunia pariwisata kota yang identik dengan Tugu Monasnya ini. Satu diantaranya Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo.



Dengan penuh semangat Hari Wibowo bercerita, jika event Jakarta Travel Fair ini menjadi agenda tahunan pemprov DKI yang bertujuan untuk mendatangkan wisatawan tidak saja asing, tapi juga wisatawan nusantara.

Makanya, gencar dilakukan promosi salah satunya dengan membidik sejumlah kota besar di Indonesia yang dianggap memiliki potensi besar.

Makassar menjadi salah satu kota penting diselenggarakannya event pameran Jakarta Travel Fair, meski pelaksanaan yang terakhir kalinya dilaksanakan pada 2015. Kegiatan serupa dilaksanakan pula di Balikpapan, dan khusus Makassar diselanggarakan 31 Agustus sampai dengan 2 September 2018 di atrium Mall Ratu Indah Makassar.

"Kegiatan Jakarta Travel Fair merupakan sebuah strategi promosi terpadu yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, dengan 32 Industri Pariwisata Jakarta yang terdiri dari Maskapai Penerbangan, Hotel, Obyek Wisata, Biro Perjalanan Wisata, Pusat Perbelanjaan, dan Transportasi Wisata," ujarnya, dalam sesi pressconference, kemarin.

Dia bilang, Makassar merupakan pasar potensial bagi pariwisata kota Jakarta, selain itu sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia bagian timur data juga menyebutkan dalam sehari 38 jadwal penerbangan dari kota Makassar ke Jakarta. Hal tersebut menjadikan peluang bagi kota Jakarta untuk menjadi daerah tujuan wisata utama masyarakat kota Makassar dan sekitarnya.

Pelaksanaan JTF ini dipastikan akan diburu pengunjung, betapa tidak harga-harga paket destinasi wisata dan pesawat terbang terbilang murah. Dan dipastikan tak membuat kantong bolong.

Alasannya, dievent tersebut akan bertabur penawaran harga khusus yang kadang membuat pengunjung bisa terkaget-kaget. Beberapa harga gila-gilaan ditawarkan melalui program One Hour Crazy Sale pada 1 September, dimana hotel di Jakarta dapat dibeli dengan harga mulai Rp99.000 dan tiket Jakarta Pulang Pergi (PP) dapat diperoleh Rp1.099 juta menggunakan pesawat Sriwijaya dan Citilink.

Tak sampai disitu saja, ada pula harga Happy Hour dengan diskon Rp150.000 khusus pembelian paket pada pukul 13.00 wita hingga 14.00 wita. Belum lagu ada paket cicilan liburan dengan caraku ke Jakarta tiket PP dan akomodasi Rp1,240 juta dengan menggunakan kartu kredit BNI syarat dan ketentuan berlaku.

"Khusus bagi warga kota Makassar dan sekitarnya yang hoby berbelanja di Jakarta, kegiatan Jakarta Travel Fair telah menyediakan beberapa paket wisata khusus yang telah dibundling dalam satu harga akan didapatkan tiket pesawat PP dan juga akomodasi murah. Bahkan ada lagi diskon harga paket pada saat Happy Hour setiap harinya di pameran," tutur Hari Wibowo.

Kepala Seksi Promosi Dalam Negeri sebagai pelaksana teknis di lapangan, Indra Alam Firmansyah memaparkan, selain penjualan paket-paket wisata khusus tersebut, Jakarta Travel Fair 2018 di Makassar juga memiliki target peningkatan kemitraan antar industri pariwisata dari Jakarta dan Travel Agent dari kota Makassar, yaitu dengan pelaksanaan Business to Business (B2B).

"Diharapkan dengan pelaksanaan Jakarta Travel Fair di Makassar kali ini yang didukung penuh oleh Sriwijaya Air dan Citilink ini akan mampu memberikan kemudahan bagi warga Makassar yang akan liburan ke Jakarta, meningkatkan kemitraan bisnis antar industry pariwisata, serta mempererat kerja sama promosi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya kota Makassar,ā€¯paparnya.

Selain kegiatan bisnis yang dilakukan selama Jakarta Travel Fair 2018, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta juga menyuguhkan berbagai atraksi hiburan khusus bagi masyarakat kota Makassar dan sekitarnya.

"Selama pelaksanaan Jakarta Travel Fair 2018 di Atrium Mall Ratu Indah Makassar, kami akan menampilkan atraksi budaya khas Jakarta, mulai dari tarian betawi, gambang kromong, demo memasak kerak telor, penampilan artis ibukota, foto bareng manusia patung, sampai belajar membatik, dan semuai itu gratis,"

Jakarta Travel Fair 2018 juga akan berpartisipasi pada pelaksanaan Car Free Day (CFD) kota Makassar yang diselenggarakan di Pantai Losari, ha tersebut dilakukan sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat luas di kota Makassar, dimana pada kegiatan tersebut akan dilakukan banyak kegiatan promosi publikasi potensi destinasi wisata dan budaya kota Jakarta. Interaksi dengan masyarakat, pembagian hadiah serta penampilan atraksi budaya dari Jakarta akan menjadi kegiatan Jakarta Travel Fair selama mengikuti Car Free Day Pantai Losari pada tanggal 2 September 2018.

"Kami berusaha berbagi kebahagian dimanapun kami berada, karena kami yakin semakin bergairahnya aktifitas kepariwisataan di Indonesia secara umum akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi setiap daerahnya, melalui kegiatan JTF 2018 diharapakan akan mampu meningkatkan mobilsasi wisatawan nusantara, sehingga dapat dilihat bahwa destinasi pariwisata di Indonesia khususnya Jakarta dan Malaysia aman, nyaman, dan ramah bagi semua wisatawan,"pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook