Pesawat Mendarat Perdana di Bandara Toraja

Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:20 WIB
loading...
Pesawat Mendarat Perdana di Bandara Toraja
Pesawat kalibrasi Hawker 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mendarat mulus di Bandara Toraja. Foto: SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Setelah sempat tertunda dua hari, pendaratan perdana pesawat terbang di bandara Toraja hari ini, Rabu (12/8/2020) berlangsung mulus.

Pantauan di lapangan, pesawat kalibrasi Hawker 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang ditumpangi pilot Wahyudi bersama 6 kru tim teknis Kemenhub, mendarat di landasan pacu (runway) sekitar pukul 10.30 Wita.



Pendaratan perdana pesawat di bandara Toraja disaksikan langsung Pimpinan dan Staf Bandara Pongtiku Toraja, Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara dan anggota Komisi III DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe.

"Sisi runway Bandara Toraja sudah bagus dan aman untuk penerbangan ATR 72, sebab panjang runway sangat memungkinkan," ujar Wahyudi, pilot pesawat kalibrasi Hawker 900 XP yang mendarat mulus di landasan pacu bandara Toraja.

Wakil bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara mengatakan pendaratan pertama pesawat di bandara Toraja merupakan kebanggaan bagi masyarakat Toraja. Ini juga menunjukkan keseriusan pemerintah kabupaten Tana Toraja memajukan pariwisata daerahnya.



Kehadiran bandara Toraja memperpendek jarak tempuh dari Makassar-Toraja. Selama ini, Makasar-Toraja dan sebaliknya ditempuh melalui jalur darat selama 7-8 jam.

"Jika tidak ada aral melintang, bandara Toraja dijadwalkan akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada bulan Agustus ini," ujar Victor.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)