Basarnas Makassar Hentikan Pencarian 10 ABK Imanuel WGSR 3

Kamis, 13 Agustus 2020 - 22:15 WIB
loading...
Basarnas Makassar Hentikan Pencarian 10 ABK Imanuel WGSR 3
Basarnas Makassar menghentikan pencarian 10 ABK Imanuel WGSR 3 yang tenggelam di perairan Mataram. Foto: Dokumen Basarnas
A A A
MAKASSAR - Pencarian sepuluh anak buah kapal (ABK) tugboat Imanuel WGSR 3 yang tenggelam di perairan Mataram, hingga hari ketujuh belum membuahkan hasil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar , Mustari mengatakan, pihaknya telah melakukan pemapelan melalui vessel traffic service (VTS) dan SROP Makassar.



"Kami (Basarnas) pada Jumat, 7 Agustus 2020 telah melakukan pencarian terhadap 12 orang korban yang dilaporkan hilang, dua telah ditemukan selamat di Pulau Sapuka Besar. Yang selamat adalahABK dari kapal tongkang bermuatan alat konstruksi yaitu Hamzah dan Ilham," kata Mustari, Kamis (13/8/2020).

Mustari menjelaskan, selama tiga hari terakhir, pencarian dilakukan di sekitar Pulau Sangiang dan Pulau Sabalana dengan menggunakan KN Sar Kamajaya.

"Akan tetapi, hingga Minggu petang belum menemukan petunjuk keberadaan kesepuluh ABK tersebut," ujarnya.

Kapal tugboat Imanuel WGSR 3 dilaporkan tenggelam di perairan Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Kamis, 6 Agustus 2020, sekitar pukul 07.50 WIB. Kapal itu hilang kontak sejak 30 Juli 2020.

Diketahui di kapal Imanuel WGSR 3 ada sepuluh ABK yang kini masih dalam pencarian, masing-masing Nakhoda Rustam Effendi asal Banyuwangi, Kepala Kamar Mesin Ahmad Efendi, asal Surabaya, lalu Mualim 1, Robby Dwi Permadi asal Gresik, Jawa Timur.



Kemudian Mualim II, Ahmad Mahfutzon asal Grobogan Purwodadi, Jawa Tengah lalu Denis Raditia Ermanda sebagai masinis I, belum diketahui asalnya. Masinis II, Bayu Santoso asal Mojokerto, Jawa Timur.

Berikutnya, Juru Mudi, Sahir Juana asal Poso, Sulawesi Tengah. Juru Mudi, Rahmat Hermawan, belum diketahui asalnya, sama dengan Juru Mudi, Arief Damar Junianto.

Terakhir Juru Masak, Meidy Joshua Kalimasa asal Sorong, Papua Barat. Selanjutnya pencarian terhadap kapal tugboat Imanuel WGSR 3 ini akan dilakukan oleh Basarnas Mataram.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4256 seconds (0.1#10.140)