Banjir Terjang Sepertiga Wilayah Bangladesh, 1,5 Juta Warga Mengungsi

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 02:02 WIB
loading...
Banjir Terjang Sepertiga Wilayah Bangladesh, 1,5 Juta Warga Mengungsi
Warga mengungsi akibat banjir di Bangladesh. Foto/ABC
A A A
DHAKA - Sekitar sepertiga wilayah Bangladesh tergenang banjir, dengan 161 orang tewas dan 1,5 juta orang mengungsi.

Hujan paling lebat dalam hampir satu dekade itu dimulai bulan lalu dan bagian dari musim hujan dari Juni hingga September.

Banjir itu mempersulit pencegahan virus corona saat Bangladesh melaporkan 266.498 kasus, termasuk 3.513 kematian pada Kamis (13/8). Hujan lebat dan banjir yang tak biasa juga terjadi dekat India dan Nepal.

Bangladesh memiliki perbatasan yang sama dengan India, dengan 53 sungai melintasi kedua negara.

Sungai Brahmaputra dan Gangga yang mengalir melalui pegunungan Himalaya telah meluap akibat hujan lebat. Di desa Louhajang, 55 km dari Dhaka, warga lokal yang mengungsi akibat banjir mendapat barang bantuan.

Menurut laporan ABC , beberapa warga terpaksa menggunakan perahu untuk mengakses titik pembagian bantuan.

Kantung pasir dipasang di sepanjang tanggul sungai di terminal feri Shimulia setelah Sungai Padma meluap dan mengakibatkan erosi. (Baca Juga: Tua-tua Keladi, Mahathir Mohamad Bentuk Parti Pejuang Tanah Air)

Warga juga menggunakan perahu untuk memindahkan hewan ternaknya ke tempat yang lebih tinggi demi menghindari banjir. (Baca Infografis: Kamala Harris Dipilih Joe Biden Menjadi Cawapres AS)

Kementerian Pertanian Bangladesh menyatakan banjir telah menenggelamkan sekitar 80.000 hektare lahan padi. “Ini menjadi banjir terburuk dalam satu dekade,” papar Arifuzzaman Bhuiya dari Pusat Peringatan dan Perkiraan Banjir Bangladesh. (Lihat Video: Ambulans Patah As, Ibu Mau Melahirkan Dievakuasi Mobil Patroli)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)