alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Permohonan Hanura Dikabulkan Bawaslu, KPU Enrekang Gelar Rapat Pleno

Aris Bafauzi
Permohonan Hanura Dikabulkan Bawaslu, KPU Enrekang Gelar Rapat Pleno
Suasana Sidang di Bawaslu Enrekang. Foto: Aris Bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Badan Pengawas Pemili (Bawaslu) mengakomodir permohonan Hanura, terkait dua bakal calon legislatif (Caleg) dicoret KPU Enrekang.

Polemik Caleg Hanura Enrekang, akhirnya dikabulkan Bawaslu dalam sidang putusan di Kantor Bawaslu Enrekang.
Sebelumnya dua caleg Hanura Dapil satu di gugurkan karena tidak memenuhi syarat oleh KPU Enrekang.

Komisioner Bawaslu Enrekang, Suardi Mardua menyatakan, Dikabulkannya permohonan Hanura karena masih adanya ruang untuk perbaikan.



"Kita pertimbangkan substansi material dari semua proses. Bawaslu bekerja profesional dalam selesaikan sengketa proses tentu ada pertimbangan. Tetap sesuai kewenangan dan substansi," ujarnya.

Selain itu Suardi juga menambahkan, jika salah satu Caleg Hanura mundur karena alasan ingin melanjutkan pendidikan. Bukan karena alasan dikeluarkan atau tekanan dari partai.

"Masih bisa diganti karena fakta persidangan caleg yang bersangkutan mengundurkan diri, bukan karena dikeluarkan oleh internal partai. Jadi kami mengabulkan jika Hanura melakukan penggantian calegnya," tambahnya.

Dua Caleg Hanura yakni Sandi Herman sebelumnya diberitakan mengundurkan diri, dan pengajuan Hanura dengan memasukkan Caleg pengganti atas nama Herlina.  Tidak dikabulkan KPU karena alasan telah melewati batas waktu penetapan.
Begitu juga caleg Hanura lainnya yakni Mahyani yang kekurangan berkas keterangan sehat rohani dan jasmani.

Dikabulkannya permohonan Hanura di Bawaslu, secara pribadi Ketua KPU Enrekang Ridwan Ahmad tetap akan menindaklanjuti. Dan terkait keputusan yang akan dilakukan dalam batas tiga hari banding yang di ajukan Bawaslu, Ridwan mengaku secepatnya akan mengelar rapat pleno dengan empat komisioner lainnya.

"Kita akan rapat pleno dulu dengan komisioner KPU lainnya. Untuk mengeluarkan satu pendapat langkah yang akan kami tempuh selanjutnya. Tapi secara pribadi, tetap jika ada keputusan tentunya ada tindak lanjut termasuk akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, sebagai pertimbangan," ujarnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook