2.000 Pendaki Akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Bawakareng

Minggu, 16 Agustus 2020 - 08:54 WIB
loading...
2.000 Pendaki Akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Bawakareng
Pengibaran bendera di puncak Gunung Sibayak, Tanah Karo, oleh mahasiswa pecinta alam. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
SUNGGUMINASA - Pengibaran bendera akan dilakukan pendaki di gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulsel pada peringatan Kemerdekaan RI ke-75 besok.

Tercatat, pada Sabtu 15 Agustus kemarin, sudah ada 2.513 pendaki yang melakukan registrasi. Data itudisampaikan Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Muhammad Rizal. Kata dia, jumlah pendaki akan terus bertambah.



"Jumlah pendaki akan bertambah terus. Mereka akan ikut dalam pengibaran di Puncak Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma," kata Rizal di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu siang.

Tim Basarnas juga bersiaga dan menurunkan 200-an personel potensi SAR dari berbagai lembaga. Mereka ditugaskan di sejumlah pos untuk mewaspadai adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Penjagaan akan dilakukan di posko induk Lembana, pos 1, 5 dan 8 gunung Bawakaraeng. Kemudian ada juga yang siaga di pos Buluballea, Pos sungai ke-3 lembah Ramma, Pos Ramma dan Pos Puncak.



"Kami siaga ini dimulai dari tanggal 14-18 Agustus 2020," ujar dia.

Rizal mengimbau pendaki mengutamakan keselamatan sebelum melakukan pendakian di gunung Bawakaraeng, terutama penerapan protokol kesehatan .
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)