Pendaki di Bawakaraeng Membeludak, Protokol Kesehatan Diperketat

Minggu, 16 Agustus 2020 - 21:49 WIB
loading...
Pendaki di Bawakaraeng Membeludak, Protokol Kesehatan Diperketat
Sejumlah pendaki memasang tenda di hutan pinus utan Pinus Lembanna di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (15/8/2020). Foto: Sindonews/Maman Sukirman
A A A
GOWA - Pemeriksaan penerapan protokol kesehatan bagi para pendaki diperketat, setelah puluhan ribu pendaki memadati kawasan di Gunung Bawakaraeng Kabupaten Gowa.

Camat Tinggimoncong Andry Mauritz mengatakan, para pecinta alam tersebut tak luput dari pemeriksaan suhu tubuh dan masker. Mereka pun diimbau untuk membawa hand sanitizer untuk antiseptic tangan.



"Protokol kesehatan tetap menjadi yang wajib. Jadi mereka mahasiswa maupun pelajar anggota Mapala dari 40 universitas dan sekolah yang akan melakukan aksi pemulihan lahan kosong di Gunung Bawakaraeng ," jelasnya, Minggu (16/8/2020).

Andry mengatakan, kegiatan akbar para pecinta alam jelang HUT RI ke 75 ini sudah mendapatkan izin kegiatan dari pemerintah kabupaten, namun tidak ada yang bisa melakukan upacara di puncak Bawakaraeng.

Jadi peniadaan upacara di puncak gunung ini, diganti dengan penanaman pohon dan penghijauan.

"Jumat lalu pihak panitia pelaksana juga telah menggelar forum diskusi yang dilaksana di Lembanna," jelas camat.

Dikatakan, penanaman pohon ini dilakukan dua hari yakni hari Minggu dan Senin dengan jumlah 3.000 bibit pohon.

Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhlyh yang dikonfirmasi malam ini mengatakan, untuk para pendaki, diwarning keras tidak melaksanakan kegiatan upacara peringatan HUT RI di puncak.

"Para pecinta alam dan pengunjung lainnya, lebih banyak kita edukasi untuk bercocok tanam di jalur Bawakaraeng untuk melakukan konservasi lingkungan yang sudah rusak. Pemberlakuan protokol kesehatan juga tetap kami edukasikan dimulai di portal pintu masuk Lembanna wajib menggunakan masker," kata Iptu Hasan Fadhlyh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)