HUT RI ke-75, Rektor UNM: Kita Harus Merdeka dari Hoaks

Senin, 17 Agustus 2020 - 15:44 WIB
loading...
HUT RI ke-75, Rektor UNM: Kita Harus Merdeka dari Hoaks
Rektor UNM, Prof Husain Syam. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) , Prof Husain Syam mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia telah merdeka dari penjajah. Namun di era yang serba digital, munculnya berita bohong atau hoaks yang jadi tantangan tersendiri.

“Saat ini masyarakat khususnya dunia pendidikan sedang berperang melawan banyaknya berita hoaks. Seharusnya dari pemerintah pusat membentuk badan khusus untuk menangani berita-berita hoaks ini, karena berita hoaks sangat berbahaya. Saatnya kita merdeka dari hoaks,” kata Prof Husain, Minggu kemarin.



Husain menambahkan, dalam era teknologi seperti saat ini, penting untuk masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik dan menjadikannya sebagai hal yang positif. Dengan kemajuan teknologi masyarakat seharusnya jauh lebih maju lagi, bukan malah sebaliknya.

Dalam semangat kemerdekaan, guru besar pertanian itu menyebut semua masyarakat harus mengambil peran penting dalam merawat kemerdekaan. Karena semua orang memiliki andil untuk bersama memajukan bangsa.

“Kalau saya berharap lima tahun ke depan ini khususnya dari pemerintah melakukan pembinaan sumber daya agar lebih berkualitas dan berdaya saing agar lebih maju seperti bangsa lainnya,” ujarnya.



Sementara untuk mahasiswa UNM, Husain Syam berharap agar mereka bisa mengambil peran untuk membangun bangsa melalui karya-karya dan tidak melakukan aksi demonstrasi yang tidak jelas tujuannya.

“Saat ini UNM sedang merancang agar alumni memiliki jiwa entrepreneur. Hal ini dilakukan agar alumni dari UNM bisa membantu pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan,” jelasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)