Pemkot Makassar Cairkan Rp95 Miliar Dana BTT Tangani COVID-19

Selasa, 18 Agustus 2020 - 09:34 WIB
loading...
Pemkot Makassar Cairkan Rp95 Miliar Dana BTT Tangani COVID-19
Pemkot Makassar cairkan Rp95 miliar dana bantuan tak terduga. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah mencairkan anggaran Rp95 miliar melalui dana bantuan tak terduga (BTT). Anggaran ini dialokasikan bagi tiga OPD untuk menangani pandemi COVID-19 .

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Rahmat Mappatoba menyampaikan, penanganan pandemi COVID-19 masih menjadi perhatian pemerintah kota hingga saat ini.



"Kita sudah cairkan itu sekitar Rp95,11 miliar untuk penanganan COVID di Kota Makassar. Itu sumbernya dari BTT," kata Rahmat, Senin (17/8/2020).

Berdasarkan realisasi pencairan anggaran, Dinas Sosial Kota Makassar mendapat anggaran paling besar Rp52,4 miliar. Dana itu ditransfer melalui dua tahap yakni Rp42,4 miliar tahap pertama dan Rp9,9 miliar tahap kedua.

Dinas Kesehatan Kota Makassar hanya mendapat satu kali transferan sebesar Rp26 miliar. Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mendapatkan alokasi anggaran Rp15,8 miliar melalui tiga tahap pencairan.

Termasuk mengalokasikan anggaran Rp830 juta ke Polrestabes Makassar dalam bentuk dana hibah. "Itu kita sudah transfer, cuma saya belum tahu update terakhir realisasinya," singkatnya.



Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir menyebutkan dari total dana BTT yang dicairkan, sudah ada sekitar lebih Rp30 miliar yang digunakan. Selebihnya dikembalikan menjadi silpa.

"Memang kita mendapat Rp52,4 miliar tapi yang digunakan itu tidak semuanya. Sisanya itu dikembalikan menjadi silpa," kata Mukhtar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5235 seconds (0.1#10.140)