alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Pariwisata Usul Penambahan Anggaran Event Makassar F8

Hasdinar Burhan
Dinas Pariwisata Usul Penambahan Anggaran Event Makassar F8
EVENT MAKASSAR F8. Dinas Pariwisata Makassar mengusulkan penambahan anggaran pelaksanaan hingga Rp2 miliar di APBD Perubahan 2018. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar mengusulkan penambahan jumlah anggaran pelaksanaan event Makassar Eight Festival and Forum (F8) sebesar Rp2 miliar di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2018.

Kepala Dispar Makassar, Rusmayani Majid berharap agar usulan tersebut dapat disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar. Sehingga pelaksanaan Makassar F8 yang sedianya akan berlangsung 10 Oktober mendatang dapat terlaksana sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi kata dia, konsep pelaksanaan event internasional di tahun 2018 ini membutuhkan anggaran kurang lebih Rp8 miliar. Sementara anggaran F8 dalam APBD Pokok 2018 hanya Rp3,8 miliar ditambah anggaran yang diperoleh dari pihak sponsor Rp1,2 miliar.

"Untuk kebutuhan keseluruhan saya perkirakan Rp8 miliar. Dengan dana yang ada saya masih kurang sekitar Rp4 miliar," kata Rusmayani saat rapat pembahasan APBD perubahan berlangsung di Gedung DPRD Makassar, Jumat (14/09/2018).

"Berbicara terkait anggaran F8, itu bergantung ide-ide yang muncul. Memang sebenarnya kita sangat perlu anggaran kalau bisa dapat. Kalau bisa pak yah! Kalau bisa kita kasi Rp2 miliar. Supaya tidak setengah mati lagi cari tambahan anggaran (dari sponsor)," sambungnya dihadapan para anggota dewan.

Sementara itu, Anggota Banggar DPRD Makassar, Abdi Asmara menjelaskan hadirnya event Makassar F8 itu akan menarik perhatian penduduk di luar Kota Makassar untuk berkunjung.

Sehingga berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar jika terlaksana dengan baik.

"Sangat setuju, salah satu PAD kita itu kan dari hotel, restaurant. Saya kira juga dapat meningkatkan ekonomi kreatif," ujarnya, kemarin.

Dengan demikian, dia mengungkapkan, jika pihaknya akan meminta agar anggaran pelaksanaan Makassar F8 itu ditambahkan.

"Kita lihat perkembangannya, kalau diperubahan ini bagus ya kenapa tidak kita tambah lagi dipokok nanti. Saya kira F8 ini sudah jadi agenda nasional, ada salah satu kegiatan tahunan yang bisa membuat makassar dikenal. Apalagi kita tahu F8 di bulan Oktober nanti presiden yang langsung buka," sebut Abdi.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads