alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Catat 12.691 Tambahan Jumlah Pemilih Baru

Luqman Zainuddin
KPU Sulsel Catat 12.691 Tambahan Jumlah Pemilih Baru
RAPAT PLENO. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menggelar rapat pleno terbuka penetapan DPT-HP di Hotel Continent, Makassar, Jumat (14/09/2018). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan (HP) di Hotel Continent, Makassar, Jumat (14/09/2018).

Hasilnya, terdapat jumlah DPT tambahan sebanyak 12.691 yang berasal dari pemilih baru. Dengan demikian, jumlah DPT di Sulsel naik menjadi 5.972.161 jiwa dari jumlah sebelumnya yang telah ditetapkan sebanyak 5.984.852 jiwa.

Ketua KPU Sulsel, Misna M Hattas menjelaskan, penambahan data DPT tersebut merupakan pemilih yang sebelumnya tidak memenuhi syarat untuk dimasukkan ke daftar pemilih Pemilu 2019 mendatang.

Perubahan data pemilih itu juga dipengaruhi oleh hasil perekaman data penduduk oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di sejumlah kota/kabupaten.

"Data penduduk yang sebelumnya tidak memenuhi syarat tapi saat ini sudah memenuhi syarat (punya E-KTP)," terangnya.

Meski mengalami penambahan, kata Misna, pihaknya telah mencoret beberapa data pemilih ganda.

"Kita harus menghabiskan energi untuk memperbaiki data pemilih, karena terus menjadi permasalahan. Jika tak diselesaikan, masalah data pemilih ini bisa menjadi bom waktu, dan meledak dikemudian hari," imbuh eks ketua KPU kota Makassar ini.

Sekadar diketahui, dari hasil analisis DPT, KPU Sulsel sebelumnya menemukan kurang lebih 7.000 data pemilih ganda. Jumlah itu, tersebar di 22 kota/kabupaten di Sulsel, terkecuali Kabupaten Soppeng dan Barru.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads