alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

INabers Community Ikut Andil Sukseskan World CleanUp Day

Suwarny Dammar
INabers Community Ikut Andil Sukseskan World CleanUp Day
Ilustrasi/Istimewa

LUWU TIMUR - INabers Community selaku komunitas non profit ikut andil dalam menyukseskan program World CleanUp Day atau hari bersih-bersih sedunia yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia, Sabtu (15/09/2018).

Demi kesuksesan World CleanUp Day itu, komunitas yang beranggotakan pemuda hingga ibu rumah tangga itu akan melakukan aksi pungut sampah di tiga lokasi, yakni di Lapangan Wasuponda, ruas Jalan Lasemba hingga Pasar Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachry Syam bersama 100 relawan akan ikut melakukan aksi bersih-bersih sampah tersebut.

Menurut Ketua INabers Community, Sainab Husain Paragay, World Cleanup Day adalah program aksi sosial global yang bertujuan untuk memerangi masalah sampah global, termasuk masalah sampah laut. Biasanya diadakan selama 24 jam pada bulan September, secara tahunan. Ada banyak organisasi yang memfasilitasi dan menyelenggarakan acara World Cleanup Day secara global.

Kata dia, gerakan global tersebut menghubungkan orang-orang dan organisasi diseluruh dunia yang bertujuan membuat bumi ini bersih dari sampah serta meningkatkan kesadaran setiap individu untuk membuang sampah pada wadahnya.

“World CleanUp Day secara serentak akan dilaksanakan di 150 negara kurang lebih melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk terlibat dalam aksi ini. World Cleanup Day menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia. Demikian pula dengan Indonesia, kegiatan ini menjadi gotong royong terbesar untuk pertama kalinya yang melibatkan 13 juta penduduk,” katanya, Jumat (14/09/2018).

Untuk itu, kata dia, melalui kegiatan World CleanUp Day tersebut diharap menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu sampah yang sudah menjadi isu kritis, utamanya masyarakat di Kecamatan Wasuponda.

“Indonesia masih menjadi buah bibir sejak dinobatkan sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua di dunia ke lautan setelah China. Momentum ini diharapkan merubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan melakukan pengelolahan sampah yang baik,” paparnya.



(bds)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads