alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

100 Hari Kerja, Gubernur Sulsel Bakal Wujudkan Perizinan Halal

Suwarny Dammar
100 Hari Kerja, Gubernur Sulsel Bakal Wujudkan Perizinan Halal
NURDIN ABDULLAH. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bakal mewujudkan perizinan halal di masa 100 hari kerja sejak dilantik menjadi gubernur. Foto : Dok/SINDOnews.

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berencana akan mewujudkan perizinan halal di 100 masa kerjanya bersama wakilnya, Andi Sudirman Sulaiman demi menciptakan transparansi pelayanan.

Hal tersebut diungkapkannya saat sebelum dirinya membuka Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2018 yang digelar di Mall Ratu Indah (MaRI), Makassar, Jumat (14/09/2018).
 
Menurutnya, perizinan halal itu mengandung nilai-nilai keislaman, seperti kejujuran dan memberikan kemudahan, sehingga tidak ada indikasi pungli mau pun mark-up pembiayaan.

“Kantor perizinan halal itu tidak ada pungutan, dan semua dibayar sesuai ketentuan. Kalau polanya saat ini banyak yang seperti itu memungut di luar ketentuan, dan ini sangat menghambat pelayanan dan bagaimana orang mau berinvestasi kalau birokrasi saja menghambat,” ujarnya.
 
Dengan demikian, terkait dengan rencana  perizinan halal tersebut, Nurdin Abdullah meminta dukungan sektor perbankan. Apalagi pihaknya menargetkan Sulsel menjadi percontohan di Kawasan Timur Indonesia.

Baginya, demi menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, maka prinsip-prinsip syariah harus segera ditegakkan. Bukan hanya dalam sistem perekonomian secara terpisah, tapi juga dalam sistem pemerintahan secara menyeluruh.
 
“Di Bantaeng itu, pengusaha senang karena mereka tidak harus ke kantor melakukan perpanjangan izin. Sebulan sebelum izin berakhir, kami dari pelayanan perizinan akan mengirimkan surat perpanjangan usahanya. Dan, mereka tidak harus membayar diluar ketentuan, semuanya pasti dan transparan,” terangnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads