alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waspada! Hal Sepele yang Bisa Membuat Kecatatan Mata

Sri S Syam
Waspada! Hal Sepele yang Bisa Membuat Kecatatan Mata
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Sejumlah kebiasaan sepele ini nyatanya membahayakan organ mata Anda hingga berujung kecatatan. Sebaiknya hindari atau jangan dilakukan. Dilansir dari berbagai sumber berikut kebiasaan-kebiasaan tersebut.

1. Membaca Pesan atau Tulisan di Handphone
Kebiasaan ini dapat mengakibatkan pandangan kabur, mata kering, pusing dan mual. Maka itu istrirahatkanlah mata setelah menatap layar selama 20 menit. Atur juga ukuran tulisan pada handphone menjadi lebih besar, agar mata Anda tidak susah payah membacanya.

2. Menonton Tulevisi di Malam Hari
Melihat cahaya yang terlalu terang di malam hari dalam kegelapan, merupakan hal yang akan berakibat buruk bagi mata. Level cahaya berubah dengan cepat sehingga mata harus beradaptasi dan menyebabkan tekanan pada mata, sakit mata, sakit kepala, mata kering dan merah. Kebiasaan melihat layar juga dapat mengacaukan jam tidur.

3. Tidur dengan Masih Memakai Lensa Kontak
Risiko iritasi hingga infeksi, bukan satu-satunya alasan tidak diperbolehkan lensa kontak dibawa tidur. Kerusakan permanen dapat terjadi pada mata jika kebiasaan ini terus berlanjut. Jaga pula kebersihan penggunaan lensa kontak dengan selalu membersihkan tangan saat mengambil dan meletakkan kembali lensa kontak di cairan khusus.

4. Kurang Tidur
Kebiasaan kurang tidur juga dapat membuat mata berkedut, mata kering, pandangan kabur dan rasa sakit. Pastikan Anda tidur selama minimal tujuh jam semalam dan ingatlah untuk menjauhkan cahaya dari layar handphone sebelum tidur agar tidur lebih berkualitas.

5. Membaca Terlalu Dekat dan Dalam Kondisi Redup
Dalam membaca, sebaliknya Anda mengatur jarak baca 40-45 cm, tidak dengan kondisi tiduran baik telentang maupun tidur miring. Pastikan cahaya cukup dan membaca sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Jika dilakukan rutin tiap hari, kebiasaan membaca yang tidak benar dapat membuat mata menjadi minus.

6. Tidak Membersihkan Riasan di Area Mata
Selelah apapun kondisi Anda di malam hari dan ingin segera tidur, jangan biarkan Anda tertidur dengan riasan wajah dan mata yang belum dibersihkan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit wajah dan area mata.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads