alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berwarna Kecoklatan, Kualitas Air PDAM Jadi Keluhan Warga

Supriadi Ibrahim
Berwarna Kecoklatan, Kualitas Air PDAM Jadi Keluhan Warga
AIR KERUH. Kualitas air bersih pasokan PDAM Kabupaten Wajo dikeluhkan sejumlah warga sepekan belakangan ini. Foto : Supriadi Ibrahim/SINDOnews

SENGKANG - Kualitas air bersih pasokan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi keluhan sejumlah masyarakat di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo sepekan belakangan ini.

"Kualitas air ledeng buruk karena warnanya kecoklatan sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak mau pun keperluan lainnya," keluh warga Jalan Beringan, Kelurahan Bulu Pabbulu, Mery, Senin (17/09/2018).

Menurut dia, buruknya kualitas air cukup mengganggu aktivitas rumah tangga terkait kebutuhan air bersih.



"Begitu membuka kerang airnya keruh dan berwarna kecoklatan sehingga tidak bisa dimasak atau digunakan untuk mencuci perabotan makan sebelum diendapkan," pungkasnya.

Untuk itu Mery berharap agar pihak PDAM agar menyelesaikan persoalan tersebut. Apalagi kata dia, keluhan warga sudah berulang kali menyampaikan aduan ke Kantor PDAM Kabupaten Wajo.

Sementara itu Direktur PDAM Kabupaten Wajo, Fakhrudin tidak menampik kondisi tersebut, ia mengaku penyebab buruknya kualitas air PDAM karena adanya pekerjaan revitalisasi Danau Tempe yang mempengaruhi tingkat kekeruan persediaan air baku di Danau Tempe.

Menurutnya, kondisi ini sudah berlangsung sejak setahun belakangan ini. Menyusul pekerjaan revitalisasi Danau Tempe. Namun kondisi ini kian terasa sejak musim kemarau dua bulan terakhir ini.

“Pengerukan danau tempe ini berdampak terhadap kualitas air baku, air yang diangkat dari danau sangat berlumpur. Selama satu tahun ini kita banyak membuang air, bahkan berkisar 30 persen kita harus buang,” terangnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook