alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hadapi PSV Eindhoven, Messi dan Suarez On Fire

Fransdian Ricardo Purba
Hadapi PSV Eindhoven, Messi dan Suarez On Fire
Skuad Barcelona. Di laga pembukaan penyisihan grup B Liga Champions 2018/2019, Barcelona akan menghadapi PSV Eindhoven. Foto: Reuters

BARCELONA - Pada laga pembukaan Liga Champions 2018/2019 penyisihan grup B, Barcelona bakal menjamu PSV Eindhoven di Camp Nou, Selasa (18/09/2018) pukul 23.55 WIB.

Menghadapi PSV Eindhoven, Barcelona bertekad membuka musim Liga Champions 2018/2019 dengan hasil positif. Statistik berpihak pada Blaugrana, bahwa mereka tidak kalah di kandang di Liga Champions sejak lima musim terakhir.

Terlebih lagi, klub Spanyol itu selalu finis sebagai juara grup dalam 11 musim terakhir, dan telah menang di semua pertandingan grup kandang mereka dalam lima edisi terakhir.



Barcelona dipastikan akan menurunkan skuat terbaiknya. Saat menghadapi Real Sociedad di pekan keempat, Sabtu (15/9/2018), Pelatih Ernesto Valverde sengaja menyimpan duo inti, Sergio Busquets dan Philippe Coutinho di paruh pertama demi kebugaran terjaga saat menghadapi PSV Eindhoven.

Selain itu trio maut Barcelona tengah on fire menjelang pertandingan. Lionel Messi, Luis Suarez dan Ousmane Dembele semakin padu di setiap laganya. Bahkan Suarez dalam kondisi percaya diri setelah berhasil mencetak gol beruntun dalam dua laga terakhir Barca di La Liga Spanyol.

Sementara Dembele kini telah mencetak gol di masing-masing tiga penampilan terakhirnya. Sekarang mereka akan mencari untuk membuat dampak di Liga Champions.

Kendati diunggulkan, El Barca tak boleh lengah menghadapi PSV. Dari tiga pertemuan terakhir kedua tim di Camp Nou, Barcelona hanya sekali mengalahkan PSV pada satu kesempatan di tahun 1978.

PSV sang Juara Eredivisie Belanda musim lalu akan menyadari status mereka yang tidak diunggulkan tetapi tidak ada keraguan bahwa Red and Whites bisa menyebabkan kekacauan karena bentuk luar biasa mereka di awal musim ini.

Mereka telah  membuat awal yang baik untuk kampanye 2018/2019, dengan memimpin klasemen sementara Eredivisie setelah menang dalam lima pertandingan terakhir mereka. Dalam dua laga terakhir, mereka sukses menang dengan margin gol yang cukup besar dengan mengalahkan Willem II 6-1 dan membantai ADO Den Haag 7-0.

Tapi, yang bisa menjadi batu sandungan untuk PSV adalah bahwa kemenangan tandang terakhir mereka dalam kompetisi Liga Champions terjadi pada November 2007. Rekor mereka saat menghadapi tim Spanyol juga sangat buruk, PSV kalah sembilan dari 14 pertandingan kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa) ketika menghadapi lawan dari wakil Spanyol (Barcelona, Real Madrid, dan Valencia)

Kendati demikian PSV juga memiliki peluang. Sosok Van Bommel yang merupakan pelatih mereka bisa menjadi kartu AS di Laga ini. Dia merupakan mantan pemain Barcelona yang berhasil mengantarkan El Barca menjadi kampiun Liga Champions pada 2005/2006. Tentunya dia telah mengetahui kelemahan dan cara bermain Barcelona. Dia bisa meracik strategi untuk meredam daya serang Barcelona.

Grup B ini sangat menarik ketika mempertimbangkan bahwa Inter Milan dan Tottenham Hotspur juga berada di bagian tersebut, dan Barcelona akan tahu bahwa dua pertandingan (kandang dan tandang) mereka melawan PSV akan menjadi vital untuk merebutkan poin sempurna.

Perkiraan pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Jordi Alba; Sergio Busquets, Philippe Coutinho, Ivan Rakitic; Ousmane  Dembele, Luis Suarez, Lionel Messi.
Pelatih: Ernesto Valverde.

PSV Eindhoven (4-2-3-1): Jeroen Zoet: Angelino, Nick Viergever, Daniel Schwaab, Denzel Dumfries, Jorrit Hendrix, Pablo Rosario, Steven Bergwijn, Gaston Pereiro, Hirving Lozano, Luuk De Jong.
Pelatih: Mark Van Bommel

Lima pertemuan terakhir

10/12/1997  Liga Champions  PSV Eindhoven vs Barcelona 2-2
01/10/1997  Liga Champions  Barcelona vs PSV Eindhoven 2-2
19/03/1996  Liga Europa        PSV Eindhoven vs Barcelona 2-3
05/03/1996  Liga Europa        Barcelona vs PSV Eindhoven 2-3
12/04/1978  Liga Europa        Barcelona vs PSV Eindhoven 3-1



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook